bahagia

9 Tips Menuntunmu Menuju Kebahagiaan Hidup

Bahagia adalah saat dimana setiap orang tersenyum tanpa beban. Walau dengan senyum telah menunjukan rasa bahagia, tidak semua senyuman menandakan kebahagiaan hidup seseorang. Banyak orang yang menyembunyikan kesedihan dan rasa kecewanya terhadap hidup dalam wajah kebahagiaan. jika itu terjadi padamu, maka kebahagiaan sesungguhnya belum sepenuhnya kamu dapat.

Banyak yang bertanya kepadamu, apakah kamu benar-benar bahagia? Dan dalam benakmu, kamu akan membalikan pertanyaan itu kepada dirimu sendiri, apakah arti dari kebahagiaan yang sesungguhnya? Dan jika sekarang kamu masih dalam kondisi yang buruk, bagaimana cara mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya itu? Semua pertanyaan itu sangat penting bagi setiap orang yang sedang mencari arti bahagia. Jika kamu  ingin bahagia, maka kamu harus mengerti apa yang bisa membuatmu bahagia.

Banyak orang membuat kesalahan dengan percaya bahwa mereka ditakdirkan untuk bernasib buruk. Padahal, semua orang berhak menentukan nasibnya sendiri. Dan nasib yang membahagiaan, adalah nasib yang perlu untuk dijaga. Maka dari itu berikut ini adalah tips yang akan menuntunmu mencapai kebahagiaan.



1. Pahami apa yang membuatmu bahagia
Setiap orang memiliki persyaratan yang unik untuk dapat mencapai kebahagiaan. Apa yang membuat seseorang bahagia, belum tentu membuat orang yang lain juga bahagia. Pahami setiap situasi atau kejadian yang membuatmu bahagia. Ingat kejadian saat kamu benar-benar tersenyum lebar tanpa berpikir beratnya hidup yang membebanimu.

Cari tahu apa yang membuat itu terjadi. Dan ciptakan suasana bahagia dalam kehidupanmu mulai dari sekarang. Jangan berlarut-larut dalam kemurungan. Walau setiap orang memiliki standar yang berbeda tentang kebahagiaan, setidaknya kamu masih memiliki banyak cara untuk mencapai kebahagiaanmu.


2. Buat rencana pencapaian
Rencana pencapaian pasti ada dalam pikiranmu. Dan pencapaian tersebut bisa menjadi motivasi untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Atur rencanamu sebaik mungkin dan tentukan tujuan akhir yang ingin kamu raih. Dengan berusaha untuk mencapainya, rasa bahagia pun akan turut menyertainya. Terlebih jika keinginanmu bisa kamu dapatkan. Kebahagiaanmu akan lebih sempurna.


Baca juga 7 Tips Menciptakan Kesuksesanmu


3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bahagia
Cukup mudah untuk berpikir negatif ketika kamu bergabung dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup yang negatif. Karena lingkungan yang berinteraksi denganmu juga mempengaruhi kebahagiaanmu. Keluarlah dari situasi merugikan itu dan mulailah merubah diri dengan bergabung bersama orang-orang yang membuatmu bahagia.


4. Benahi yang salah
Jika terdapat pikiran yang mengganjal dalam benakmu, diamlah sejenak. Carilah apa yang menghalangi kebahagiaanmu untuk menjalani aktifitasmu. Setelah kamu mengetahui ada yang salah daalam dirimu, benahi apa yang harus kamu benahi. Jadikan dirimu pribadi yang lebih baik agar kadar kebahagiaanmu meningkat dan kamu bisa menjalani aktifitas tanpa rasa penat.


5. Luangkan waktu untuk berpikir
Jika selama enam hari kamu disibukkan dengan pekerjaan yang cukup padat, hal itu membuat pikiranmu menjadi semakin jenuh. Dan solusinya adalah luangkan waktu untuk berpikir. Di hari lbur kerja, biarkan pikiranmu untuk tenang tanpa menyentuh peralatan kerjamu. Berpikirlah tentang berbagai situasi yang dapat memunculkan rasa bahagia dalam dirimu. Kamu bisa mendukung suasana hal tersebut dengan memutar musik, minum secangkir teh hangat, atau duduk santai di halaman rumah. Yang perlu diingat adalah berpikirlah positif dengan kalimat-kalimat keyakinan yang menguatkan jiwamu untuk menjadi pribadi yang bahagia.


Baca juga 5 Tips Meningkatkan Produktifitasmu

6. Ambil kesempatan untuk liburan
Tidak sedikit orang menganggap bahwa liburan hanya menghabiskan uang tanpa ada hasil apa-apa. Padahal, liburan sangat bermanfaat untuk membangun jiwa yang bahagia. Dengan berlibur kesempatan untuk menciptakan senyuman akan lebih banyak dan lebih berarti. Ajak teman atau keluargamu berlibur dengan melepas kejenuhan hari-hari yang penuh dengan tekanan. Lebih baik lagi jika mengambil liburan ke alam, seperti pantai, gunung, taman atau kebun. Dengan begitu rasa bahagia akan tercipta dengan dukungan dari alam.


7. Bercandalah
Humor bisa menuntunmu menuju keakraban. Lakukan lelucon-lelucon ringan dengan teman atau keluargamu agar tercipta suasana yang nyaman. Buanglah sejenak keseriusan, ambil kesempatan untuk kebahagiaan.


8. Jaga kesehatan
Kesehatan adalah alasan dari semua aktifitas yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebahagiaanmu. Jika kamu sakit, maka kesempatan untuk bahagia akan tertunda. Maka dari itu menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Ketahui sebatas mana tubuhmu bisa bertahan. Karena jika sakit, selain ada biaya yang harus dikeluarkan, kamu harus berdiam diri bukan untuk merencanakan hal-hal yang besar, tapi hanya untuk meyakinkan diri agar sembuh dari sakit.


9. Bersyukurlah
Dengan bersyukur dengan keadaanmu yang sekarang, kamu akan lebih cepat mencapai kebahagiaan hidup. Sebagian orang masih mencari cara bagaimana teknik bersyukur yang ampuh. Padahal caranya sangatlah mudah. Lihat dan bayangkan orang-orang yang memiliki kebutuhan hidup yang sama denganmu, tapi keadaan mereka lebih buruk darimu. Ambil contoh ketika pagi ini kamu hanya sarapan dengan lauk yang tidak kamu suka sehingga kamu tidak menghabiskannya. Itu berarti kamu tidak bersyukur. Banyak orang yang memulai aktifitasnya tanpa ada sarapan yang enak setiap hari. Bahkan sarapan pun mereka lakukan jika terdapat lauk yang cukup untuk dimakan hari ini. Maka mulai hari ini bersyukurlah untuk kehidupanmu yang jauh lebih baik.


Nah itulah 9 tips  agar kamu mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Ingat sembilan tips tersebut bukan sekedar untuk dibaca atau direnungkan, tapi segera dilakukan agar kamu juga segera mendapat manfaatnya.






inspirated article by lifehack
image by livingwisdom