5 Rutinitas Yang Dapat Meningkatkan Produktifitasmu

5 Rutinitas Pagi Yang Dapat Meningkatkan Produktifitasmu


Rutinitas - Ketika bangun pagi, apa yang akan kamu lakukan? Mematikan alarm? Mengecek gadget? Atau malah tidur lagi? Ya... semua rutinitas itu sangat biasa dilakukan oleh orang-orang. Namun jika kamu ingin memulai hari dengan tidak biasa, maka lakukan hal yang diluar kebiasaan orang normal.

Kerjakan hal-hal yang benar-benar bermanfaat ketika pagi, terutama ketika bangun tidur. Jangan lewatkan waktu terbaik pagi hari dengan hanya bermalas-malasan berharap keberuntungan datang di sela kesibukanmu, itu semua tidaklah mungkin jika kamu tidak melakukan hal-hal yang berarti dalam hidupmu.

Agar dapat membangun produktifitas yang maksimal selama sehari, berikut ini ada tips membangun rutinitas baik ketika pagi yang patut kamu lakukan.



1. Putuskan satu hal penting untuk dilakukan selama satu hari

Apakah kamu pernah ketika bangun dari tidur dan merasa seperti tidak ada hal penting yang akan dilakukan hari ini? Jika begitu, kamu perlu melatih dirimu untuk benar-benar memikirkan apa yang akan kamu lakukan hari ini.

Tim Ferriss, seorang penulis buku terlaris yang berjudul “The 4-hour Workweek” memerintahkan kepada kita untuk memutuskan satu hal penting yang dapat diselesaikan pada hari ini. Caranya adalah kerjakan pekerjaan yang paling kamu sukai dahulu kemudian lakukan pekerjaan lainnya.

Untuk menemukan pekerjaan apa yang paling penting selama satu hari ini, maka tanyakanlah pada dirimu sendiri tugas apa yang jika kamu selesaikan hari ini kamu merasa benar-benar puas ketika telah melewati seharian penuh untuk bekerja.

Maka temukan satu pekerjaan penting itu dan kerjakan. Buatlah harimu menyenangkan untuk hari ini dan hari-hari selanjutnya.



2. Sarapan

Jika kamu tidak punya nasi untuk dimakan, atau masakan juga belum matang, maka makanlah makanan apapun untuk sarapan. Jika yang kamu punya hanyalah air putih, itu lebih baik daripada kamu tidak mengisi perutmu. Sarapan adalah kebiasaan sehat pagi hari yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Dengan sarapan, akan menolong tubuhmu untuk meningkatkan metabolisme dan memberikan energi yang tepat untuk membantu melewati kesibukanmu hari ini.
Jika kamu memiliki makanan yang sehat, itu akan lebih baik. Dan jika kamu memiliki buah untuk digunakan sarapan, maka hal itu sangat tepat karena buah memiliki protein yang baik untuk tubuhmu.



3. Meditasi

Jika kamu bangun dengan mood yang buruk, maka diamlah sejenak dan ambil sikap duduk tegak. Tarik nafas 10 kali untuk dapat menenangkan pikiranmu. Rasakan setiap tarikan dan hembusan dengan pikiran yang tenang tanpa memikirkan hal-hal yang membuat moodmu buruk. Dengan begitu kamu akan mempunyai semangat untuk menjalani hari ini dengan baik.


Baca juga : Biar Harimu Lebih Produktif, Ada 7 Aktifitas Pagi Yang Wajib Kamu Praktekin !


4. Bergeraklah

Bangun dan bergeraklah agar darahmu mengalir dengan lancar. Lakukan gerakan olahraga kecil seperti meregangkan otot-otot dengan senam, lari kecil atau dengan mengangkat beban. Lakukan itu dengan rutin maka tubuhmu akan menjadi sehat dan staminamu akan terjaga sepanjang hari.



5. Rencanakan hari ini

Jika kamu sibuk dengan pekerjaan, maka rencanakan pekerjaan apa yang kamu lakukan hari ini. Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, maka rencakan apa yang akan dibelanjakan hari ini untuk bisa dimasak dengan enak.

Lakukan perencanaan karena kita tidak akan pernah tahu pikiran apa yang akan mempengaruhi kita nanti bila kita tidak mengaturnya mulai awal. Maka rencana itu penting agar kita tetap fokus pada tujuan kita.