9 Tips Berkendara Malam Hari

9 Tips Berkendara Malam Hari


Berkendara - Jika kamu sering berkendara di malam hari, kamu takkan sadar bahwa bahaya lebih besar ada dihadapanmu. Banyak kendala yang akan datang ketika kamu berkendara dengan suasana gelap. Hal itu lebih menyulitkan kamu untuk melihat jalan dan berkonsentrasi pada keadaan sekitarmu. Jika kamu tidak terburu-buru, maka kecepatan rendah adalah pilihan yang tepat. Tapi jika kamu dikejar waktu, meningkatkan kecepatan adalah hal yang sering terjadi.

Beberapa pengendara masih khawatir mengenai berkendara dimalam hari. Mungkin mereka masih belum pernah melakukannya, atau mungkin mereka merasa banyak ancaman ketika berkendara malam hari. Semua itu tergantung dari kesiapan pengendara dengan resiko yang dihadapi saat dijalan. Maka dari itu berikut ini adalah tips berkendara saat malam hari.



1. Periksa lampu depan
Sebelum berangkat periksa lampu depan kendaraanmu. Pastikan lampu menyala dengan terang sehingga membantumu untuk mengetahui keadaan jalan. Cek juga lampu jarak dekat dan jarak jauh. Karena lampu tersebut dapat membantumu saat memberi isyarat pada kendaraan di depanmu.



2. Periksa lampu belakang
Lampu belakang juga harus diperiksa, gunanya agar lampu dapat memberitahu kendaraan di belakangmu. Cek juga tuas rem untuk mengetahui apakah rem berfungsi dengan baik dan untuk mengetahui lampu belakang menyala atau tidak. Karena dengan menyalanya lampu belakang menandakan bahwa kita sedang dalam posisi mengerem.



3. Pastikan lampu samping menyala
Saat kamu akan berbelok lampu ini sangat berguna untuk membantumu memberitahu kepada pengendara lain. Pastikan lampu menyala dengan baik dan berkedip sebagaimana mestinya.



4. Periksa klakson
Selain lampu depan, samping dan belakang, satu hal yang selalu dilupakan pengendara, yaitu mengecek klakson mereka. Jangan sampai saat kamu membutuhkan suara keras dari klakson kendaraamu yang terdengar hanyalah suara kecil tak terhiraukan. Pencet tombol klakson, bila terdengar baik, maka kendaraan kamu dalam keadaan yang aman.



5. Gunakan jaket anti angin
Jaket anti angin biasanya digunakan untuk pengendara malam. Gunanya adalah untuk menghindari angin malam yang menusuk saat kecepatan rendah maupun tinggi. Karena jika pengendara terlalu sering berkendara malam hari tanpa ada pelindung di bagian dada, maka resikonya adalah terkena penyakit paru-paru basah. Maka dari itu jangan remehkan jaket anti angin tersebut.



6. Ketahui jalan
Pastikan dengan baik keadaan jalan yang akan kamu lewati. Lebih baik lagi kamu mengetahui pada daerah mana atau pada kilometer berapa jalan yang tidak rata atau bahkan rusak. Hal itu mengantisipasi saat kamu berkendara melewati jalan tersebut.



7. Ketahui rambu lalu lintas
Tips ini akan lebih diperhatikan oleh para pengendara malam yang masih awam. Bagi pengendara malam awam, sangat dianjurkan untuk mengetahui rambu yang akan kamu lewati. Terlebih jika jalan itu adalah jalan yang belum pernah kamu lewati. Hindari meningkatkan kecepatan karena akan merugikan kamu sendiri. Bila kamu ragu akan jalan yang kamu lewati, jangan malu untuk tanya pada warga sekitar. Yang perlu diingat adalah bertanyalah pada orang yang tepat, jangan sampai kamu bertanya pada preman yang sedang nongkrong atau bahkan pada banci yang sedang mangkal. Hehe..



8. Hormati pengendara lain
Satu hal yang sering membuat para pengendara malam suka untuk memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi adalah lengangnya keramaikan jalan raya saat malam. Kecepatan tinggi boleh saja, asalkan pada keadaan yang tepat. Dan yang paling penting adalah menghormati pengendara lain. Saat kamu ingin menyalipnya, memang butuh kecepatan lebih dari kendaraan yang ingin kamu salip, tapi jangan sampai terlalu dekat dengan kendaraan yang kamu salip. Selain membahayakan, tindakan itu seakan-akan tidak menghormati pendara lain yang juga sedang menggunakan jalan. Setidaknya atur jarak yang cukup ketika ingin menyalip. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang kamu salip dan jangan terlalu dekat dengan marka jalan.



9. Perhatikan keadaan sekitarmu
Saat berkendara pastikan kamu fokus pada jalan dan kendaraan sekitarmu. Cepat tanggap bila terdapat lampu kuning berkedip yang menandakan kendaraan ingin berbelok atau berpindah haluan dan cepat merespon ketika lampu merah pada kendaraan menyala dengan terang.





dari berbagai sumber
image source eatsleepride