buka puasa

10 Makanan Paling Menyehatkan Saat Berbuka Puasa

Berbuka adalah saat yang paling kita tunggu ketika berpuasa. Rasa yang enak dan lezat selalu terbayang ketika melihat makanan sudah siap. Walau terlihat enak, terkadang kita mengesampingkan tentang sehat atau tidaknya makanan yang kita konsumsi nanti. Padahal masih banyak makanan yang lebih menyehatkan yang dapat kita konsumsi ketika berbuka.

Tanpa pikir panjang, kita biasanya langsung melahap makanan yang telah siap didepan mata. Mulai dari takjil, gorengan, es, kare ayam, soto, sayur lodeh, wahh seakan ronde makan tidak pernah berakhir. Mana yang lebih sehat untuk didahulukan kita tak ambil pusing. Selagi perut keroncongan, mulut tak pernah berhenti mengunyah.

Jika kita pikir baik-baik, perut yang seharian telah kosong, bila diisi dengan sembarangan makanan akan menyebabkan tidak siapnya lambung untuk mencerna makanan. Maka dari itu, dibawah ini adalah beberapa makanan menyehatkan yang cocok untuk santapan awal ketika berbuka puasa.



1. Kurma
buka puasa
Buah kurma menyehatkan, image via http://muslimherbalstore.com/
Buah yang berasal dari timur tengah ini, memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, kandungan kaliumnya juga sangat tinggi, yaitu 64% hampir lebih banyak dari buah pisang. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sebuah kurma mengandung 20-24% air, 70-75% zat gula, 2-3% protein, 8,5% serat dan kadar lemak rendah. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Segudang manfaat buah kurma.



2. Madu
buka puasa
Madu sangat nikmat untuk berbuka puasa, image via blisstree.com
Di dalam madu terdapat zat yang dinamakan phytochemical dan flavonoid yang baik untuk meningkatkan kesehatanmu. Bukan hanya itu, madu merupakan sumber energi bagi tubuh dan anti bakteri untuk menghambat berkembangnya bakteri buruk. Dalam Tes oRAC menyebutkan bahwa madu asli, merupakan salah satu makanan dengan kandungan antioksidan tertinggi di dunia. Madu akan menjaga keadaan tubuhmu agar tetap fit setelah menjalankan puasa seharian. Banyak kandungan gizi dalam madu yang jarang kita sadari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai madu, silahkan baca artikel saya mengenai Sejuta manfaat madu yang tidak kita sadari.



3. Ikan
buka puasa
Ikan segar cocok untuk buka puasa, image via http://www.bayibubu.com/
Mengkonsumsi ikan, dapat meningkatkan kesehatanmu. Hampir semua jenis ikan memiliki banyak manfaat yang dapat dikonsumsi, seperti ikan salmon, tuna, ikan cod, ikan nila dan masih banyak lagi. Kandungan dari berbagai macam omega-3 seperti asam eikosapentaenoat (EPA), asam dokosapentaenoat (DPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Di kutip dalam situs dokita.co, manfaat dari omega-3, dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan gejala jantung dan stroke, mengurangi kemungkinan detak jantung yang abnormal, mengurangi trigliserida, memperlambat penumpukan plak arteri dan mengurangi kemungkinan kematian jantung mendadak pada penderita penyakit jantung.


4. Buah Segar yang memiliki banyak kandungan air
buka puasa
Buah sehat dan menyegarkan cocok untuk berbuka puasa, image via http://demo.azuwab2b.com/
Buah semangka adalah salahsatu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Semangka memiliki kandungan air hampir 90%. Selain memiliki kadar air yang tinggi, semangka juga memiliki banyak serat yang mudah dicerna oleh usus. Serat tersebut memungkinkan kinerja usus tidak berlebihan ketika mencerna makanan. Buah yang dapat kita jumpai sehari-hari ini juga memiliki banyak manfaat, seperti mencegah penyakit jantung, penyakit mata, perlindungan radikal bebas dan masih banyak lagi.



5. Air Mineral
Air merupakan kebutuhan utama tubuh. Tanpa air tubuh akan mengalami dehidrasi, begitu pula ketika kita berpuasa. Sebagai penganjal ketika tak ada makanan apapun yang bisa digunakan untuk  membatalkan puasa, air sangat berguna. Air yang memiliki banyak manfaat yaitu memperlancar sistem pencernaan, membantu konsentrasi, menyehatkan dan mencerahkan kulit, dan masih banyak lagi.



6. Nasi Merah
buka puasa
Nasi merah nikmat dan menyehatkan untuk berbuka puasa, image via http://www.kamustamagazine.ph/
Coba gantilah nasimu putihmu dengan nasi merah. Selain dapat membuatmu lebih kenyang, nasi merah juga memiliki segudang manfaat. Salahsatunya adalah dapat menurunkan berat badan. Jika kamu bertanya-tanya kenapa nasi merah bisa menurunkan berat badan? Alasannya adalah karena kandungan karbohidrat komplek pada nasi merah dapat memberikan energi secara konsisten pada tubuh sehingga perut tidak cepat lapar.

Selain itu, manfaat dari nasi merah juga sangat banyak, yaitu dapat dijadikan makanan untuk diet,  mengontrol gula darah untuk penderita diabetes, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik), mencegah terjadinya penyakit batu empedu, menjaga kesehatan tulang, dan juga dapat mencegah terjadinya kanker.



7. Sayuran Hijau
buka puasa
Banyak pilihan sayuran hijau untuk hidangan berbuka puasa, image via http://www.lifewithgreens.com/
Apakah kamu memiliki cadangan sayuran selama puasa? Jika iya, kamu bisa menggunakan sayuran itu untuk menu berbukamu. Sayuran bermanfaat untuk menyuplai vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama sayuran yang memiliki daun hijau, mereka dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh ketika perut belum begitu siap menerima makanan berat lainnya.

Yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama memasak sayuran hijaunya. Bisa-bisa manfaat utama dalam sayuran hijau akan hilang karena cara memasak yang berlebihan.



8. Oats
buka puasa
Oats lebih nikmat ketika masih hangat, image via http://www.itstaste.com/
Jika ada masalah dengan perutmu ketika mengkonsumsi nasi pada waktu buka puasa, maka gantilah nasi dengan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang sama. Oats adalah solusinya. Selain memiliki kandungan karbohidrat, oats juga memiliki serat yang tinggi sehingga memudahkan lambung dan usus mencerna makanan.

Oats juga memiliki banyak sekali manfaat, yaitu dapat mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, ampuh menurunkan berat badan, baik untuk diabetes, antioksidan yang baik untuk tubuh, mencegah mengerasnya pembuluh arteri, mengurangi hipertensi, mencegah kanker, menstabilkan tekanan gula darah, meningkatkan sistem imun, dan sebagai nutrisi untuk membuat kulit tetap sehat.


9. Kacang
buka puasa
Kacang kaya akan protein, image via http://www.forhealths.com/
Hampir semua jenis kacang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih ketika mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Karena jika terlalu banyak karbohidrat akan menyebabkan kamu mudah mengantuk ketika malamnya. Maka dari itu kacang-kacangan adalah pilihan yang baik untuk menjagamu tetap bugar ketika melaksanakan ibadah terawih.

Beberapa jenis kacang dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sebagai pengontrol berat badan. Jadi kalau kamu tidak ingin berat badanmu naik, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kacang-kacangan atau biji-bijian.



10. Telur
buka puasa
Telur rebus atau telur dadar sama nikmatnya, image via http://www.itstaste.com/
Jika kamu tak punya persediaan kacang, kamu dapat mengganti protein kacang tersebut dengan telur. Karena satu telur mengandung 6 gr protein berkualitas dan 9 jenis amino acid atau asam amino.
Selain memiliki kandungan protein yang tinggi telur juga dapat menambah massa ototmu. Seperti yang dilakukan orang-orang jaman dulu bila ingin mendapatkan tenaga ekstra, mereka akan mengkonsumsi telur. Dan kebiasaan itu masih dilakukan oleh beberapa orang sampai sekarang, terutama oleh para binaragawan.



Itulah 10 Santapan Menyehatkan Ketika Berbuka Puasa. Ingat, bahwa ketika berbuka puasa pilihlah makanan yang paling menyehatkan untuk lambungmu. Jangan asal memilih makanan, karena bisa berakibat terkena penyakit lambung.





image by thestar