Cara Membersihkan Keyboard Dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Keyboard Dengan Baik dan Benar

Teknologi - Keyboard merupakan perangkat terpenting dalam laptop. Tanpa keyboard, laptop kita akan sulit untuk digunakan.

Keyboard juga bisa mencerminkan sikap penggunanya. Bila keyboard terlihat kotor, maka bisa dipastikan penggunanya tidak bisa menjaga kebersihan tangannya dengan baik. Atau si pengguna dengan sembarangan menggunakan laptop tanpa memikirkan apa yang akan terjadi pada keyboardnya.

Bila keyboard Anda sudah dalam keadaan kotor, maka yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan kain bersih dan alat pembersih telinga yang tedapat kapas pada ujungnya.
  2. Basahi sedikit ujung kain untuk pembersihan awal. Ingat! Jangan sampai air menetes ke keyboard ya. Peras dulu sebelum di gunakan. Dan biarlah sisi lain kain tetap kering.
  3. Gosokan kain yang lembab tersebut ke setiap tombol keyboard agar hasil bisa maksimal.
  4. Setelah selesai memberihkan tombol dengan kain lembab, segera keringkan dengan bagian kain yang kering tadi. Tujuannya agar tidak ada flek seperti bekas air yang muncul di tombol.
  5. Kemudian untuk membersihkan sela-selanya, basahi ujung pembersih telinga dengan air. Jangan sampai menetes ya airnya.
  6. Gosokan perlahan ke sela-sela tombol
  7. Setelah menggsosok dengan pembersih tadi,langsung keringkan agar tidak terdapat flek di sela-sela.


Atau bila  Anda tidak memiliki kain untuk bisa digunakan membersihkan keyboard. Maka cara di bawah ini bisa jadi solusinya.

  1.  Siapkan 2 tisu basah dan 2 tisu kering
  2. Lipatlah salah satu tisu basah sehingga memudahkan Anda menggunakannya dan agar bisa mempertahankan area bersih permukaan tisu sebagai area tempat kita memegang tisu.
  3. Gosokan permukaan tisu ke setiap tombol secara perlahan. Bila perlu, gosoklah tombol satu persatu agar setiap tombol bersih maksimal.
  4. Setelah permukaan tombol sudah Anda bersihkan, keringkan permukaan tombol dengan tisu kering
  5. Siapkan tisu basah kedua untuk membersihkan sela-sela  tombol keyboard
  6. Lipat tisu. Kegunaannya sama seperti membersihkan permukaan tombol keyboard, yaitu untuk mempertahankan area bersih tisu.
  7. Gosokan perlahan ke sela-sela tombol.
  8. Setelah itu keringkan dengan tisu kering.


Atau kalau Anda juga tidak punya tisu, tetapi Anda punya pembersih layar LCD, gunakan pembersih tersebut untuk membersihkan keyboard laptop Anda.

Semua pembersihan keyboard harus dilakukan secara berkala  dan tergantung seringnya Anda memakai laptop.

Setalah Anda membersihkan keyboard Anda, dijamin Anda akan semakin nyaman untuk menggunakan laptop Anda dan keyboard pun juga tidak akan rusak dengan sendirinya ketika sering digunakan dan dibersihkan.

Sekian, semoga bermanfaat...


Saya tunggu komentarnya ya...