Membedakan Helm SNI Asli dan SNI Palsu

4 Tips Membedakan Helm SNI Asli dan SNI Palsu


Helm - Helm merupakan perangkat terpenting yang dapat melindungi kepala kita dari segala benturan yang membahayakan. Helm wajib dipakai oleh pengendara bermotor jauh maupun dekat. Perangkat helm yang baik dan aman adalah yang memiliki logo SNI yang secara otomatis sudah berstandar keamanan oleh Badan Standar Indonesia.

Tapi tidak banyak orang yang tahu, ada beberapa helm yang memiliki logo SNI palsu. Ini pasti akan merugikan kita sebagai konsumen. Untuk langkah pencegahannya, berikut ini adalah beberapa tips agar kita tidak tertipu oleh helm ber-SNI palsu.



1. Cermati komponen helm

Pilihlah helm yang memiliki komponen lengkap. Mungkin kalo kilas balik tahun-tahun sebelumnya masih beredar helm dengan model simpel, yaitu hanya melindungi kepala bagian atas dan dengan tali terpasang agar helm tidak jatuh. Helm tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan penggunanya dan pastinya tidak ber-SNI.

Sebelum membeli helm, baiknya cek kondisi helm yang dipilih. Cari logo SNI yang memiliki emboss atau sedikit timbul karena logo tersebut adalah logo asli dan standar dari SNI. Kaca helm harus terbuat dari polikarbonat agar pengguna helm aman ketika mengalami kecelakaan. Kulit helm helm keras dan tidak mudah di bengkokan. Dan dengan tali chin strap yang soketnya terbuat dari besi.



2. Pastikan helm nyaman di kepala

Nyaman merupakan hal yang mutlak bagi pengguna helm. Nyaman dalam artian ini adalah pas di pakai, tidak longgar ataupun tidak terlalu kecil.

Jangan sungkan untuk mencoba helm yang akan di beli. Bila penjual melarang untuk mencobanya, maka sangat disarankan untuk tidak membeli helm di tempat tersebut.

Pilih helm yang memiliki sterofoam yang nyaman dan lembut di kulit. Sterofoam ini bertujuan agar bisa menahan getaran saat berkendara di jalan yang tidak rata.



3. Harga helm

Ada harga ada kualitas. Pernyataan itulah yang senada dengan saran mengenai harga helm. Belilah harga helm yang sekiranya di atas 100ribuan. Karena helm dengan harga tersebut sudah memiliki jaminan keamanan ketika pengguna mengalami kecelakaan.

Dan helm yang telah ber-SNI tidak akan dibandrol dengan harga dibawah 100ribuan.



4. Lihat merk helm

Pilih helm dengan mark-merk ternama. Karena helm yang sudah terkenal pasti akan menaikan kualitas keamanan helm demi kenyamanan dan keamanan pengguna. Harga mahal pun tak masalah, karena masih lebih mahal biaya masuk rumah sakit daripada membeli helm dengan standar SNI yang tidak abal-abal.

Itulah beberapa tips agar pengguna kendaraan bermotor tidak keliru dalam memilih helm SNI yang telah marak di pasaran.






source by nova