13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur

13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur

Tips Cepat Tidur - Penelitian telah menunjukan bahwa seorang yang kurang tidur akan menyebabkan kebodohan atau bisa di bilang sulit untuk berfikir, mudah marah, bingung, sedih dan juga diindikasikan akan cepat gemuk karena kurang tidur menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh.

Tidur memang sangat diperlukan bagi semua manusia. Bahkan ketika kita tidak tidur seharian, mata akan memerah dan panas dan tubuh kita akan terasa sakit semua.

Namun untuk sebagian orang, mereka mengalami kesulitan untuk langsung tidur pulas dan bangun di esok hari dengan segar. Maka di bawah ini ada 13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur dengan nyenyak.


1.  Lakukan rutinitas seperti sebelum tidur

13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
weheartit.com
Lakukan segala rutinitas yang biasa dilakukan sebelum tidur. Misalkan sebelum tidur membaca novel dulu, minum susu dulu, bersantai menonton TV dulu atau bahkan mandi air hangat dulu. Kebiasaan itu akan menstimulan tubuh yang memiliki jadwal secara otomatis untuk mendukung pekerjaan rutin berikutnya. Jadi ketika sebelum tidur terbiasa membaca novel, lakukan itu ketika tidak bisa  tidur atau ingin tidur lebih awal.


2.  Atur suhu dalam kamar tidur senyaman mungkin
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
omegastar.com

Direktur Institut Robert Oexman mengatakan bahwa suhu normal untuk kamar tidur adalah 65 sampai 68 derajat Farenheit, atau setara dengan 18,3 derajat sampai 20 derajat Celcius. Untuk mencapai suhu normal tersebut, biasanya pemilik kamar akan mematikan lampu kamar mereka. Hal tersebut juga dilakukan karena pancaran sinar lampu ketika mata menghadap ke atas akan membuat kepala pusing. Maka dari itu ketika tidur disarankan untuk mematikan lampu atau setidaknya mengganti lampu yang terang dengan lampu yang redup.


3.  Hindari menggunakan ponsel untuk alarm
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
brunchnews.com

Ketika tidur, jangan biarkan ponsel menjadi alarm. Karena radiasi dalam ponsel akan menggangu saraf manusia walau sedang tidur. Ketika sedang tidur, setidaknya saraf manusia sedang beristirahat dan membiarkan recharge untuk melakukan kegiatan setelah terbangun. Namun ketika ponsel di letakkan di dekat tubuh, apalagikepala, ini akan menyebabkan terganggunya saraf yang ingin beristirahat.

Ketika sulit terbangun, ponsel merupakan alat multifungsi untuk membangunkan kita. Tapi relakah saraf kita tidak bisa beristirahat dengan tenang hanya karena radiasi ponsel tersebut? Tentunya kita bisa berfikir kembali untuk menggunakan ponsel sebagai alarm.


4.  Ambil nafas dalam dan keluarkan
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
sleepcouncil.org.uk
Udara yang masuk dalam hidung dengan dalam-dalam dan pelan akan masuk dalam paru-paru dalam sehingga sistem pernafasan akan menyalurkan oksigen ke jantung yang kemudian dilanjutkan oleh darah yang akan di alirkan keseluruh tubuh. Proses ini membuat tubuh kita merasa tenang.

Seorang terapis keluarga bernama Vikki Stark menggunakan cara tersebut dan menjelaskannya dalam situs Psychology Today. Berikut adalah beberapa teknik mudahnya.

Hirup udara sekitar Anda dengan hidung dan rasakanlah kesegaran oksigen masuk ke dalam paru-paru Anda. Bersamaan dengan itu rasakan juga oksigen tersebut menyebar keseluruh tubuh dengan membersihkan semua sel kotor dalam tubuh. Kemudian hembuskan perlahan melalui mulut dan rasakan racun serta sel-sel negatif di dalam tubuh keluar bersamaan dengan hembusan nafas. Nikmati proses tersebut dengan santai. Lakukanlah berulang kali hingga tubuh merasa nyaman, dan lakukan di hari-hari berikutnya agar tubuh mendapat efek terbaik hingga seakaan-akan seluruh hal negatif akan keluar beserta hembusan nafas.


5.  Melemaskan otot-otot jari kaki
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
teamdoctorsblog.com

Catherine Darley, seorang Direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle, Amerika Serikat, menyarankan pelemasan otot-otot ini dilakukan di daerah jari-jari kaki.

Lekukan secara perlahan jari-jari kaki kemudian pijat secara perlahan. Lanjutkan langkah yang sama pada jari-jari kaki yang lain. Kemudian lanjutkan pelemasan otot mulai dari kaki sampai ke leher. Lakukan dengan menggerak-gerakkan anggota badan secara perlahan hingga terasa tidak tegang dan nyaman.


6.  Melatih mental dengan cara berfikir
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
huffingtonpost.com
Cara berikut ini mungkin sedikit kuno, tapi Dr. Vicky Seelall seorang peneliti tidur menyarankan cara ini, yaitu dengan menghitung mundur. Atau bisa juga dengan menghitung domba yang berada di gambar.

Cara tersebut akan membuat otak dan mata kita berkerja keras dan membuatnya lelah. Selagi lelah dan ingin beristirahat, maka secara otomatis mata akan mengantuk dan kemudian akan tertidur.


7.  Ketika sulit tidur, beranjaklah dari tempat tidur
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
aaronchiro.com

Seorang dokter di Clevelan Clinic Sleep Disorderss Center, Harneet Walia mengatakan bahwa jika tidak bisa tidur selama 30 menit, lebih baik bangun dan beranjak dari tempat tidur.

Jika tidak beranjak dari tempat tidur, secara terus menerus mata tidak akan mau untuk tidur. Walia mengatakan pada US News “Pada dasarnya tubuh Anda tidak tidur di tempat tidur, tetapi berbaring disana dan tidak tidur. Dan pikiran Anda bisa dikondisikan untuk itu”

Lebih baik cari kesibukan yang membuat Anda segera ingin tidur. Misal membaca novel, mendengarkan musik, menonton TV, dll


8. Jangan mengkhawatirkan apa yang terjadi besok
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
merzizuza.blogspot.com
Semua yang akan kamu lakukan besok setelah bangun tidur, jangan terlalu dipikirkan ketika mau tidur. Karena hal tersebut akan mengangganggu konsentrasi tubuh mempersiapkan diri untuk tidur.

Ketika hal tersebut masih saja terfikirkan, coba ambil kertas dan tulislah rencanamu untuk besok.


9. Atur jadwal kegiatan
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
bridgingapps.com
Ketika ingin tidur cepat, biasanya akan kesulitan karena pada jam-jam tersebut biasanya masih belum tidur. Maka dari itu atur jadwal pada hari dimana ingin tidur lebih cepat. Hal tersebut dilakukan agar tidak mengganggu jadwal otomatis tubuh.


10. Bayangkan pengalaman-pengalaman yang indah
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
photographybyalinewall.com
Mata kita tidak akan terpejam ketika kita hanya merenungi apa yang terjadi. Maka kejadian yang tak menyenangkan tak perlu direngunkan sebelum tidur. Karena ingin tidur lebih cepat, maka bayangkan pengalaman-pengalaman indah saja.

Tenangkan pikiran kemudian mulailah mengingat di saat-saat terindah dalam hidup. Kemudian secara perlahan tutup mata dan bayangkan saat-satt itu ada di depanmu.


11. Bekerja keras di siang hari
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
flickriver.com
Siang hari adalah umumnya orang bekerja, dan malam hari saat dimana banyak orang beristirahat. Maka setelah bekerja keras siangnya, pergunakan malam hari dengan beristirahat semaksimal mungkin.

Dengan bekerja keras, malam harinya tubuh akan terasa lelah. Sebelum menuju tempat tidur, mandilah dengan air hangat kemudian persiapkan diri untuk berbaring dan tidur. Mandi air hangat akan membuat tubuh terasa nyaman.


12. Gunakan bantal yang tepat
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
coreproducts.com
Bantal merupakan benda pendukung saat tidur. Di saat kepala mulai merebahkan ke tempat tidur, posisi leher akan meyeuaikan. Ketika bantal lebih keras, maka akan berpengaruh juga pada kenyaman pengguna bantal.

Gunakan bantal yang dapat mendukung kepala dan leher agar terasa nyaman. Gunakan bantal yang di tengahnya sedikit cekung untuk menyesuaikan dengan tulang belakang leher manusia.

Bantal yang empuk dan halus, dapat merangsang untuk tidur dengan cepat


13. Konsultasikan ke dokter
13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur
breastreductiontucson
Tidur cepat dibutuhkan oleh beberapa orang yang tak ingin menunda-nunda tidurnya. Jika dengan cara-cara di atas tetap tidak bisa, maka cobalah konsultasikan ke dokter. Dengan begitu dokter akan memberi resep agar dapat tidur dengan cepat dan nyenyak.






source by business insider
image by kenaidoctor