3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

Rasa Kantuk - Apakah Anda sering mengalami rasa kantuk berlebih? Apa Anda merasa kesal ketika waktu-waktu produktif Anda diganggu dengan rasa kantuk?

Rasa kantuk memang gajala wajar ketika tubuh kita sudah lelah dan ingin beristirahat. Tapi tahukah Anda ada beberapa alasan mengapa rasa kantuk menjadi tidak biasa. Berikut ini saya memiliki beberapa alasan mengapa rasa kantuk Anda sudah tidak terkendali. Di kutip dari situs Femina, 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih



1. Kurang Olahraga

 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih


Menurut spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, dr. Michael Triangto SpKO, rasa kantuk sering menyerang bisa disebabkan karena Anda kurang berolahraga.

dr. Michael mengatakan ”Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan,”

Sebaiknya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Berikan jarak minimal tiga jam antara olahraga dan waktu tidur. Pasalnya, begitu selesai berolahraga, tubuh memproduksi adrenalin yang membuat Anda sulit tidur. Setelah beberapa lama, adrenalin menurun, tubuh akan relaks dan Anda mudah tidur. Menurut dr. Andreas, makin berat porsi berolahraga seseorang, maka waktu tidur yang dibutuhkan semakin besar. 



2. Gejala Pra-diabetes


 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih


Ngantuk terus-menerus, menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah. 



3. Gejala Anemia


 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

Gampang mengantuk, atau cepat lelah dan lesu, juga merupakan salah satu gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya oke, bisa jadi Anda mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk.


Itulah  3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih. Setelah mengetahui penyebab-penyebab mengantuk tersebut, mulai sekarang Anda bisa mencegah aktifitas atau gaya hidup yang bisa menyebabkan waktu produktif Anda terganggu karena rasa kantuk.

Anda memiliki pendapat lain tentang  Penyebab Rasa Kantuk Berlebih ? Silahkan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat :D