orang tua

7 Tips Menegur Orang yang Lebih Tua

Menegur adalah cara yang tepat apabila kamu melihat orang melakukan kesalahan. Ketika ingin menegur banyak halangan yang muncul dalam benakmu, salah satunya adalah ketika yang melakukan kesalahan adalah orang yang lebih tua. Orang yang lebih tua cenderung merasa lebih tahu segalanya daripada kamu yang masih muda. Padahal jika hal yang dilakukan memang salah, siapapun bisa menegur orang yang bersalah tersebut, termasuk kamu. 

Kesalahan bisa melanda siapapun, entah anak kecil, remaja atau bahkan yang sudah tua. Budaya ketika melihat orang melakukan kesalahan adalah menegurnya. Kenal atau tidak, sebisa mungkin kamu akan menegur bila beliau melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan bisa jadi karena mereka adalah orang baru yang belum tahu kebiasaan warga sekitar, atau karena aturan baru yang belum begitu beliau pahami. 

Ketika akan menegur halangan pasti ada. Sebelum melangkah untuk menegur, terbesit banyak pertanyaan dalam benakmu. Mau menghapiri atau tidak, mau menegur atau tidak. Semua pertanyaan yang berkecambuk itu karena kamu masih belum memiliki tips untuk beliau. Maka dari itu berikut ini ada tips bagaimana cara kamu agar bisa menegur orang yang lebih tua.




1. Ketahui dengan benar kesalahan beliau

orang tua
Tegur beliau jika merokok di sembarang tempat, image via https://www.flickr.com

Perhatikan dengan baik apa yang dilakukan beliau. Jangan sampai asal datang dan bilang kalau yang dilakukan salah. Amati apakah beliau benar-benar melakukan kesalahan. Jika benar beliau melakukan kesalahan, maka hampiri dengan mengucapkan minta maaf terlebih dulu. Setelah itu panggil dengan sebutan bapak/ibu sesuai jenis kelaminnya. (pastinya, hehe)


2. Tentukan kata-kata terbaik untuk menegur

orang tua
Tentukan kata-kata yang tepat untuk menegur, image via http://funnystack.com/

Sebelum menghampiri, lebih baik atur dulu setiap kata yang akan kamu ucapkan ketika menegur. Jangan menggunakan bahasa yang biasa kamu gunakan ketika menegur teman sebayamu. Atur dnegan baik ucapanmu sehingga enak untuk didengar dan nyaman untuk dimengerti. Gunakan bahasa yang mudah dan menyenangkan. Apalagi kalau beliau belum kamu kenal.  


3. Atur bahasa tubuhmu

orang tua
Gunakan bahasa tubuh yang tepat agar tidak salah sangka, image via http://www.express.co.uk/

Jika kamu sudah menghampiri beliau, maka atur bahasa tubuhmu sebagaimana baiknya ketika bertemu dengan orang yang lebih tua. Jangan sampai terkesan menggurui, tegur dengan cara yang baik. Sedikit merunduk adalah pilihan terbaik untuk menegur beliau. 


4. Tersenyum ketika menegur

orang tua
Tersenyum ketika menegur memberi efek yang lebih baik, image via http://pacificspineandpain.com/

Jangan lupakan senyuman ketika kamu menegur. Walau senyum sedikit tapi itu cukup berarti bahwa kita tidak sedang merencanakan untuk memarahi atau menegur dengan keras beliau. Senyuman juga akan memberikan efek menyenangkan ketika kamu menegur. Coba bandingkan ketika kamu ditegur dengan senyuman dan mata yang melotot, pasti akan lebih berkesan teguran dengan senyuman. Nah itu yang harus kamu lakukan, dan jangan sampai beliau malah memarahi kamu balik karena kamu tidak sopan untuk menegur.


5. Dekati beliau ketika menegur

orang tua
Dekati beliau ketika akan menegur, image via http://www.theglobeandmail.com/

Ingat, jangan terlalu jauh ketika menegur dan juga jangan terlalu dekat untuk mengucapkannya. Bila terlalu jauh, sama saja kamu ingin mempermalukan beliau disekitar orang yang berada disitu. Jadi gunakan perkiraan yang baik ketika akan menegur. Dekati sedekat kamu ketika berbicara dengan orang tuamu, karena tidak mungkin juga kamu berbicara dengan orang tuamu memakai suara keras. 


6. Ucapkan teguran dangan suara yang baik

orang tua
Suara yang baik akan membuat orang lebih menghargaimu

Bisa jadi kita belum pernah menegur orang yang lebih tua sehingga kita belum tahu nada yang baik untuk menegur beliau. Nah untuk itu ucapkan kalimat teguran dengan nada yang sekiranya bisa didengar beliau. Ucapkan dengan jelas dan lugas serta tidak bertele-tele. 


7. Gunakan pihak ketiga untuk menegur beliau

orang tua
Orang terdekat bisa teman beliau atau saudara beliau, image via http://www.chicagonow.com/

Ketika kamu benar-benar sulit untuk menegur beliau, tak perlu ragu untuk libatkan pihak ketiga dalam kejadian ini. Minta bantuan pada orang yang kamu kenal yang sekiranya berumur sama untuk menegur beliau. Dengan begitu beliau akan lebih mudah menerima ketika yang beliau lihat adalah orang yang kiranya seumur dengan beliau. Untuk lebih ampuh lagi, gunakan orang yang telah mengenal beliau untuk menegur. Beliau akan langsung menerimanya tanpa berpikir panjang. 




Nah itulah tips bagaimana cara menegur orang yang lebih tua. Akan lebih baik lagi jika kamu berbagi kepada teman kamu tentang tips ini. Mungkin teman kamu mengalami kejadian yang sama sehingga tips ini akan sangat berguna untuk panduanmu ketika temanmu bertanya tentang hal yang sama dengan pembahasan kali ini.






image by getoutofdebt