membantumu

8 Tips Ampuh Agar Orang Mau Membantumu


Membantu seseorang adalah perbuatan yang terpuji, itulah kalimat yang selalu kita dengar ketika masih sekolah dasar. Setiap orang pasti membutuhkan bantuan, tak terkecuali dirimu. Disaat situasi tak terkira terjadi, disaat itulah rencanamu bisa berubah, dan kamu hanya bisa meminta bantuan pada seseorang agar rencanamu dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengontak mereka, kamu pasti berpikir, apakah mereka mau membantumu? Apakah mereka ada waktu untuk membantumu? Jika niatmu telah bulat untuk meminta bantuan, kamu tak perlu ragu. Percayalah, setiap orang yang telah mengenalmu, pasti mereka mau membantumu. Karena sifat dasar manusia adalah makhluk sosial, maka mereka akan senang hati membantumu.
membantumu

Di kutip dari blog pribadi milik Ilman Akbar, seorang penulis buku best seller '101 Young CEO' dan founder anakUI.com, terdapat 8 tips ampuh agar orang mau membantumu. Maka dari itu simak tipsnya berikut ini.



1. Pastikan dia orang yang tepat untuk kamu mintai bantuan

membantumu
Bagaikan dokter, setiap orang pasti senang untuk membantumu
Sebelum meminta bantuan, pastikan kamu mengetahui latar belakang orang yang hendak kamu mintai bantuan. Kalau kamu belum mengenalnya, kamu harus memiliki cukup informasi tentang dia. Jangan sampai kamu salah bertindak karena orang yang kamu mintai bantuan adalah orang yang berpengaruh di lingkunganmu.

Dan yang harus diingat, jangan sampai kamu meminta bantuan pada orang yang tidak memiliki kemampuan untuk membantumu. Sebelum berangkat menemuinya pastikan dulu bahwa dia adalah orang yang tepat untuk membantumu.



2. Perkenalkan diri, dan alasan kenapa kamu meminta bantuannya

membantumu
Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.
Tips ini sangat tepat untuk kamu yang belum mengenal orang yang dapat membantumu. Pastikan kesan dalam perkenalan berjalan dengan lancar dan nyaman. Jangan gugup dan menatap dia terlalu serius, karena itu membuat dia tidak nyaman atas kehadiranmu. Tenang dan optimislah bahwa dia adalah orang yang tepat untuk dapat membantumu.



3. Apresiasi dengan tulus, jadikan dia merasa penting

membantumu
Tepuk tangan adalah salahsatu cara menunjukan apresiasi kepada seseorang

Prinsip ini dapat dipakai dalam teknik berkomunikasi dengan orang lain. Jika kamu dapat membangun sikap ini, maka kamu akan dianggap berharga oleh dia. Dan sikap positif serta optimis harus selalu di dahulukan dalam setiap hubungan.

Setiap orang, siapapun itu, pasti ingin dianggap penting di lingkungannya. Oleh karena itu, apresiasi terlebih dahulu orang yang akan kamu mintai bantuan, jadikan dia merasa penting dan bermakna bagimu.

Dengan melakukan ini, dijamin, kamu akan mendapat perhatiannya. Kalau dia sudah percaya dan menyukai kamu, maka ketika kamu meminta bantuan kepadanya, dia tidak akan segan-segan untuk membantumu.

Dalam buku legendaris “How to Win Friends and Influence People” yang ditulis oleh Dale Carnegie menyatakan bahwa semua orang pada dasarnya senang untuk dimintai bantuan. Karena dengan dimintai bantuan, orang tersebut dianggap penting dan memiliki sesuatu yang ‘lebih’ untuk dapat membantu orang lain.



4. Jangan lupakan kata permohonan

membantumu
Jangan lupa ucapkan kata permohonan

Kamu pasti sudah cukup paham dengan ini. Tak perlu bertele-tele menjelaskan alasan mengapa kamu bertemu dengannya. Cukup ceritakan pokok permasalahan dan buat dia benar-benar paham tentang masalah yang kamu hadapi. Jika perlu buatlah dia merasakan apa yang kamu rasakan. Dengan begitu kamu dapat merebut hatinya untuk dapat membantumu.



5. Jangan mendesak dia

membantumu
Semua orang pasti tidak ingin dipaksa

Jangan merasa dirimu paling penting, sehingga kamu mendesak dia. Jadikan dia nyaman di dekatmu dengan tidak mendesaknya dengan keputusan sulit. Hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Saat diawal dia berpikir untuk bersedia membantu, semua akan berakhir dengan tidak menyenangkan saat kamu mulai mendesaknya.



6. Jangan meminta bantuan dalam waktu yang mepet

membantumu
Tidak tergesa-gesa memberi efek yang lebih besar dan lebih baik

Tergesa-gesa adalah salahsatu sikap yang tidak diinginkan setiap orang, apalagi kamu memintanya untuk mengeluarkan apa yang kamu mau sekarang juga. Berpikir positif tentang dia dapat membantumu hari itu juga memang perlu, tapi kamu harus mengetahui kondisi dia. Jangan sampai kamu memberi tenggat waktu yang terlalu singkat agar dia berpikir bersedia membantumu atau tidak.



7. Jangan takut untuk mengingatkan orang yang kamu mintai bantuan

membantumu

Kalau dia sudah bilang bersedia dan berjanji akan membantu, maka tak jadi masalah jika kamu mengingatkannya. Cara mengingatkannya juga harus ramah dan tidak memaksa. Jika dia masih belum bisa memberi bantuan, coba mengerti keadaannya. Mungkin dia sedang dalam kesulitan, atau mungkin sedang mengalami masalah seperti yang kamu alami.



8. Ucapkan terima kasih

membantumu
Ungakapan terima kasih membuat orang lebih berharga

Ucapkan terima kasih kepadanya karena dia sangat baik untuk bersedia membantumu. Kalau perlu jadikan dia partner dalam bisnismu, atau sebagai teman dekatmu. Bangun komunikasi yang baik antara kamu dan dia agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan.









source by ilmanakbar
image by kinja-img