Tidur Dalam Posisi Ini Sangat Berbahaya

Posisi Tidur Yang Berbahaya Bagi Kesehatan


Tidur adalah saat dimana kita dapat memanjakan oragan-organ dalam tubuh untuk beristirahat. Tidur juga dapat mengembalikan stamina yang hilang setelah seharian bekerja. Jika tidur tidak nyenyak maka saat bangun pun juga tak enak.

Membicarakan tentang tidur, pastinya semua orang ingin memiliki kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik itu bisa dimiliki jika kita dalam posisi yang nyaman. Maka dari itu, ketika tidur buatlah posisi tubuh senyaman mungkin. Dan perlu diingat bahwa ketika tidur tubuh kita tidak di anjurkan untuk miring ke kiri.

Loh kenapa tidak boleh? Berikut inilah alasannya.



1. Memperberat beban jantung

Tidur Dalam Posisi Ini Sangat Berbahaya
posisi tidur yang salah membahayakan jantung, image via http://gozamos.com/
Bila kita kembali mengingat pelajaran biologi tentang anatomi tubuh manusia. Kita akan tau bahwa jantung terletak lebih ke kiri diantara kedua paru-paru. Letak jantung yang berada lebih ke kiri ini mengakibatkan jantung lebih terbebani bila kita tidur dengan posisi miring ke kiri. Jantung akan menerima beban yang lebih besar dari paru-paru  kanan.

Maka posisi terbaik adalah dengan miring ke kanan. Dengan miring ke kanan setidaknya beban tidak akan seberat ketika posisi tidur miring ke kiri.



2. Memperberat paru-paru kiri

Tidur Dalam Posisi Ini Sangat Berbahaya
posisi tidur salah membahayakan paru-paru, image via http://www.ciputranews.com/
Alasannya hampir sama dengan nomor satu, yaitu paru-paru kiri akan lebih tertekan ketika kita tidur miring ke kiri. Alasan ini akan lebih masuk akal kalau kita pernah meihat foto ronsen dada. Kita akan melihat paru-paru sebelah kiri manusia lebih kecil dari pada paru-paru sebelah kanan. Maka dari itu saran untuk tidur miring ke kanan sangat dianjurkan.


3. Mencegah pengendapan otak kiri
Tidur Dalam Posisi Ini Sangat Berbahaya
tidur miring ke kiri berbahaya bagi saraf otak kiri, image via http://wikieducator.org/
Otak terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu otak kanan dan otak kiri. Untuk otak kiri bekerja mengontrol bagian tubuh sebelah kanan. Di dalam otak sebelah kiri terdapat banyak saraf yang berguna sebagai pengontrol segala gerak tubuh bagian kanan.

Jika kita tidur dengan posisi miring ke kiri, di khawatirkan akan terjadi pengendapan darah, asam sisa oksidas, penyempitan pembuluh darah pada otak kiri. Maka dari itu posisi otak kiri dianjurkan untuk di atas demi mencegah kesalahan sistem kinerja otak seperti disebutkan tadi.

Tidur dengan posisi kanan memang memberi manfaat lebih banyak. Akan tetapi tidak semua  orang dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan lho. Seseorang dengan penderita penyakit asam lambung tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan.

Penelitian yang telah dilakukan oleh The Journal of Clinical Gastroenterology, seseorang yang menderita penyakit asam lambung bila tidur dengan posisi miring ke kanan akan menyebabkan esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa perih pada lambung. Maka dari itu bagi kamu yang memiliki sakit asam lambung, baiknya untuk tidak tidur dengan posisi miring ke kanan ya.

Semoga bermanfaat ...





berbagai sumber