Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh



Kurang Tidur - Bagi kamu yang sering begadang untuk mengerjakan tugas, baiknya kamu cermati artikel berikut ini. Kamu yang kurang tidur akan menyebabkan banyak bahaya yang mengancam tubuhmu. Bagai hal kecil yang ditumpuk akan menjadi besar, itulah efek samping dari kurang tidur yang akan bertambah besar jika makin sering kamu lakukan.



Untuk lebih jelasnya, baiknya kita simak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh berikut ini :





1. Jadi pelupa dan sulit berkonsentrasi


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan sering lupa, via http://7daysindubai.com/

Menjadi pikun di usia muda, mungkin sudah dialami oleh beberapa orang yang kurang tidur. Termasuk juga saya (hehe curhat sedikit) yang mudah lupa meletakkan barang di suatu tempat. Berhati-hatilah karena perasaan lupa itu bisa datang walau kamu mencoba untuk tetap mengingatnya. Itu karena efek samping dari kurang tidur. Ketika kamu kurang tidur, maka esok harinya akan merasa lelah dan kurang bersemangat disusul konsentrasi akan berkurang.




Sean Drummond PhD, seorang peneliti masalah tidur dari University of California, menyatakan bahwa seseorang yang lelah biasanya akan mudah mengambil resiko dengan harapan mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal, hal tersebut menyebabkan rencana yang tersusun rapi menjadi berantakan. Belum lagi ketika lelah itu akibat kurang tidur, maka pikiran kita akan sulit untuk berkonsentrasi memilih mana yang lebih penting untuk dikerjakan dahulu.





2. Merasa lapar


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan rasa lapar berlebih, via http://www.chesterfoodanddrink.com/

Bila kurang tidur, tubuh akan lebih sedikit menghasilkan hormon pengendali nafsu makan, yaitu Leptin. Dan itu akan menyebabkan hormon yang membuat nafsu makan (ghrelin) meningkat. Bila kamu masih merasa lapar walau telah menghabiskan semangkuk nasi, maka hal diatas yang telah terjadi pada tubuhmu.




Orang yang terserang penyakit kelelahan yang kronis, biasanya akan mengkonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang banyak serta ditambah dengan kalori yang tinggi, maka penambahan berat badan tidak dapat terelakan.




Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington pada dua orang kembar identik, menyatakan bahwa rata-rata indeks massa tubuh 24,8. 2 poin lebih rendah daripada rata-rata Body Mass Index pada umumnya. Itu karena setiap malam mereka kurang tidur 7 sampai 9 jam.





3. Mudah terserang penyakit


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan mudah terserang penyakit, via http://bluelotushealth.com/

Orang yang kurang tidur akan lebih mudah terserang infeksi. Itu terjadi karena orang yang kurang tidur memiliki sistem imun yang rendah daripada orang yang cukup tidur. Bisa juga orang yang kurang tidur tersebut mudah terserang penyakit kronis pada bagian punggung atau bbisa juga terserang penyakit arthritis.




Penelitian yang dilakukan oleh Michael Smith, PhD, yang merupakan direktur dari salahsatu organisasi kesehatan yang bernama Behavioral Sleep Medicine, menyatakan bahwa orang dewasa yang cukup tidur setidaknya 8 jam dalam sehari, memiliki toleransi sakit lebih rendah daripada orang yang kurang tidur.





4. Mudah sedih


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan mudah untuk bersedih, via http://www.babble.com/

Orang yang kurang tidur akan lebih mudah mengingat kejadian-kejadian negatif daripada kejadian-kejadian yang membahagiakan. Ini juga berhubungan dengan kelelahan yang memiliki kecenderungan selalu terpikir memori-memori yang negatif daripada positif. Maka tidaklah heran jika orang yang kurang tidur terlihat seperti depresi dengan mata sayu dan kantung mata yang terlihat hitam.





5. Melambatnya kinerja sistem motorik otak


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan lambatnya kerja sistem motorik otak, via http://gozamos.com/

Melambatnya sistem motorik ini bisa berakibat kecerobohan pada apa yang kita perbuat. Membuat melambatnya kinerja otak dan kurang gesitnya aktifitas orang yang kurang tidur tersebut. Kecerobohan itu juga akibat kurang fokusnya otak pada suatu hal sehingga ketika sekarang sedang mengerjakan sesuatu, maka yang didalam otak bukanlah memikirkan apa yang sedang dikerjakan melainkan segala sesuatu yang bahkan tidak berhubungan dengan apa yang dikerjakannya.





6. Mudah terserang diabetes


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan diabetes, via http://medcarespain.com/

Penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago, menyatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam, akan mudah terserang diabetes. Kurang tidur akan membuat cairan insulin lebih sedikit dan kadar gula semakin meningkat. Insulin yang berguna menetralkan kadar gula akan gagal bekerja karena jumlahnya yang lebih sedikit daripada gula dalam darah. Dan hal tersebutlah yang menyebabkan penyakit diabetes.





7. Akan tampak lebih tua


Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
kurang tidur menyebabkan wajah tampak lebih tua, via http://www.looksgoodfromtheback.com/

Seorang ahli dalam permasalahan tidur Jyotsna Sahni, MD menyatakan bahwa peningkatan kadar kortisol dapat memperlambat produksi kolagen yang dapat memicu terjadinya keriput lebih cepat. Kurang tidur inilah yang menyebabkan kadar kortisol itu meningkat sehingga orang kurang tidur kulitnya akan terlihat pucat dengan wajah yang lelah.



Itulah bahayanya kurang tidur bagi kesehatan tubuh. Sesibuk apapun kamu, ada baiknya gunakan waktu tidurmu dengan baik. Waktu tidur yang baik adalah ketika malam. Jadi ketika kamu sedang banyak pekerjaan dan tidak sempat tidur di siang hari, itu akan lebih baik daripada mengurangi waktu tidur dimalam hari.



Sekian, semoga bermanfaat...