Penyebab Baterai HP Menggelembung

Penyebab Baterai HP Menggelembung


Baterai HP - Dari banyak pengguna HP beberapa dari mereka pasti pernah mengalami yang namanya baterai menggelembung. Biasanya ini terjadi pada HP yang berusia lama. HP dengan spesifikasi yang masih belum didukung dengan beberapa aplikasi hemat daya dapat juga menyebabkan baterai HP menggelembung.

Untuk para pengguna smartphone, penggelembungan baterai sangat jarang terjadi. Hal ini dikarenakan, pihak developer yang telah mengantisipasi penggunaan perangkat yang berlebihan sehingga dipasanglah aplikasi hemat daya.

Tetapi untuk smartphone produksi China, saya sendiri tidak yakin bahwa baterai mereka dapat bertahan dengan lama. Memang tidak semua smartphone produksi China bermasalah. Beberapa merk yang belum memiliki uji ketahanan oleh pengguna bahkan oleh pakar smartphone sendiri berdampak pada costumer awam yang masih belum mengetahui tentang seluk beluk penggunaan baterai.

Nah, untuk itu mari kita simak beberapa penyebab menggelambungnya baterai HP-mu:



1. Pemakaian berlebihan

Pemakaian HP memang snagat berpengaruh. Jika kamu menggunakan Hpmu untuk bermain game secara terus menerus, maka dapat dipastikan dalam beberapa bulan baterai HP akan aus.
Hal itulah yang bisa menyebabkan baterai HP kamu menggelembung. Ingat baterai juga perlu istirahat, jadi pikirkan juga jam istirahat untuk bateraimu.



2. Charge yang terlalu lama

Biasanya ini terjadi pada HP yang berusia lama. Untuk smartphone, beberapa dari mereka telah memiliki fitur yang secara otomatis menghentikan pengisian daya ketika baterai telah terisi penuh. Tapi beberapa smartphone lain masih belum memiliki fitur ini sehingga ketika baterai telah terisi penuh dan kabel charge masih menempel, daya masih tetap masuk. Daya yang masuk berlebihan ini akan menyebabkan baterai panas dan bila terus terjadi, maka bisa dipastikan bateraimu akan menggelembung.



3. Baterai dan kabel yang tidak orisinil

Bila kamu telah memtuskan untuk mengganti baterai lama dengan baterai baru, sangat dianjurkan untuk menggunakan baterai dengan merk asli. Walau daya yang dimiliki baterai KW dengan baterai asli sama, namun mereka memiliki karakteristik yang berbeda. Tentu developer membuat setiap baterai berbeda dikarenakan setiap HP juga memiliki karakteristik penggunaan daya yang berbeda. Jika kamu membeli baterai yang tidak asli, maka sangat mungkin perangkat HPmu akan mengalami kerusakan karena spesifikasi baterai yang tidak bisa memenuhi keinginan dari perangkat itu sendiri.

Begitu juga untuk kabel charge, belilah kabel yang asli. Kejadiannya akan sama dengan baterai yang tidak asli bila kamu tetap memaksa membeli kabel charge yang KW. Kable charge KW bisa lebih merusak baterai dan perangkat keras HP. Maka dari itu kamu harus mengantisipasi kedua perangkat tersebut.

Menggelembungnya baterai dapat dihindari dengan pemakaian yang sewajarnya. Gunakan beberapa jam untuk mengistirahatkan hpmu jika kamu tidak mendesak untuk menggunakannya.

Itulah beberapa penyebab baterai HP bisa menggelembung. Semoga bermanfaat...