7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm


Bangun Pagi - Bangun di pagi hari, merupakan hal yang relatif bagi setiap orang. Ada yang mengatakan bangun pagi itu pukul 04.00, ada yang mengatakan bangun pagi itu pukul 05.00 dan ada juga yang mengatakan bangun pagi itu pukul 07.00. Tapi tenang, untuk kali ini kita tidak akan membahas pukul berapa kamu bangun, tetapi bagaimana caranya kamu bisa bangun pagi sesuai dengan keinginanmu.

Sering sekali sebelum tidur kita berencana untuk bangun pukul 04.00 atau pukul tertentu karena kita ingin mengatur kegiatan di hari itu. Ketika pagi tiba, yang terjadi malah kita bangun pukul 06.00. Pernahkah kamu bertanya, “kenapa sih kok bangunku jam segini, padahal udah terpasang alarm.” Mungkin yang salah dari cara kamu untuk merencakan bangun pagi itu sendiri. Maka dari itu berikut ini adalah tips bagi kamu untuk bangun pagi tanpa alarm sesuai dengan keinginanmu.



1. Gunakan waktu sebelum tidur dengan sebaik mungkin

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Banyak juga orang yang ingin bangun pagi, tetapi malamnya masih menonton film atau sinetron kesayangannya. Bahkan jika film atau sinetron itu belum habis, dia akan rela menontonnya sampai jam berapapun. Padahal kebiasaan itulah yang membuat jadwal bangun pagi seseorang akan terganggu.

Cobalah merelakan untuk tidak menonton film atau sinetron yang kamu sayangi demi bangun pagi dengan segar. Sanyangilah juga mata kamu yang pasti lelah karena seharian sudah kamu gunakan untuk beraktifitas yang kemudian kamu paksa kembali untuk memandang layar TV hingga tengah malam.

Ambil remote TV anda dan tekan tombol merah, kemudian beranjaklah tidur agar kamu dapat bangun pagi sesuai dengan rancanamu.



2. Buat tubuh santai sebelum tidur

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Ketika tubuh dalam keadaan santai, maka tidur kita akan terasa nyenyak. Tetapi jika badan kita masih pegal atau pikiran kita masih runyam, maka tidurmu dipastikan akan terganggu.

Buatlah moment ketika malam itu sebagai waktu untuk mengistirahatkan tubuhmu. Saat dimana kamu telah berada di atas tempat tidur, buanglah semua pikiran yang merunyamkan otakmu, buanglah segala perasaan-perasan buruk dalam hatimu dan buatlah hidupmu menjadi tenang seketika, tidurlah dengan posisi yang nyaman. Maka tidurmu akan menjadi tidur yang berkualitas.



3. Jangan makan berat sebelum tidur

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Makan berat dalam adalah makan berupa nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan berkarbohidrat tinggi ini akan mengganggu kestabilan tubuh untuk tidur.

Maka buatlah batasan jam berapa kamu tidak boleh makan makanan yang berat. Bila seharain itu kamu sibuk dan belum sempat untuk makan malam, maka makanlah secukupnya jika memang kamu merasa lapar. Tetapi ada hal yang perlu diingat, makanlah minimal 1 jam sebelum kamu tidur, agar kamu dapat memberi kesempatan lambung untuk bekerja mencerna makanan.



4. Sempatkan tidur siang walau sejenak

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Sempatkan walau satu jam untuk tidur siang. Lakukan hal ini jika malam nanti kamu sibuk dan dapat dipastikan kamu tidak akan bisa tidur sesuai jadwal yang telah kamu tentukan. Tidur siang dapat mengganti waktu tidurmu yang kurang ketika malam.



5. Ucapkan dan yakinkan dalam pikiranmu

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Ucapan ini menjadi penting jika kamu benar-benar ingin bangun pagi sesuai dengan waktu yang kamu inginkan. Misal kamu ingin pagi pukul 05.00, maka sebelum tidur ambil nafas dan ucapkanlah  ’Aku nanti harus bangun jam 5 !’. Mantapkan ucapanmu dengan meyakinkan pada pikiranmu bahwa kamu yakin jam itu juga kamu akan bangun.



6. Bersih diri sebelum tidur

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Tidak semua orang menjalankan ini. Padahal jika badanmu bersih sebelum tidur, maka tidurmu akan terasa nyaman dan secara otomatis bakteri-bakteri yang kamu bawa selama beraktifitas seharian tidak akan kamu manjakan untuk tidur bersamamu.

Bersihkan diri bukan berarti mandi, karena kamu sudah mandi di sore hari. Bersihkan diri cukup dengan membersihkan tangan dengan sabun, mencuci muka kemudian menggosok gigi dan dilanjutkan membersihkan kaki (jangan lupa sela-sela jari kaki juga dibersihkan).



7. Berdoa sebelum tidur

7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

Ini adalah kewajiban kamu, yaitu berdoalah sebelum tidur agar kamu terjaga di waktu malam. Berdoalah dengan sungguh-sungguh agar kamu tidur dengan nyaman serta bangun dengan segar sehingga dapat melanjutkan aktifitas pagi dengan semangat.