headset

Pemakaian Headset Dapat Merusak Otak dan Telingamu

Headset - Bagi kamu pecinta musik, kamu tidak akan pernah lepas dari perangkat yang bernama headset. Headset adalah perangkat paling mudah digunakan ketika kamu ingin mendengarkan musik sendirian.

Tapi tahukah kamu tentang bahaya penggunaan headset yang berlebihan ? Headset itu juga dapat dapat merusak telinga dan otakmu lho. Tetapi jika pemakaian sewajarnya, efek yang ditimbulkan pun juga tidak banyak. Efek dari memakai headset ini akan terasa ketika kamu mendengarkan musik dengan lama dan dengan volume yang besar.

Maka jika kamu ingin tahu lebih jelas apa saja efeknya, simak penjelasan di bawah ini.



1. Indikasi tuli muncul di usia 20-an

Menurut peneliti yang dilakukan oleh International Herald Tribune, mendengarkan musik bervolume keras secara terus menerus akan berdampak pada sistem pendengaran. Jika hal ini terus berlanjut, secara perlahan kepekaan telinga akan berkurang.

Sembilan peneliti dari Committe on Emerging and Newly Identified Helat Risks juga menyimpulkan bahwa resiko kehilangan pendengaran mulai muncul pada usia 20 tahunan. Maka jika sekarang kamu berumur dibawah 20 tahun dan masih sering memakai headset, ada baiknya mulai kurangi pemakaiannya.



2. Rusaknya pendengaran secara permanen

Efek rusaknya pendengaran secara permanen terjadi bila kamu setiap hari memakai headset dengan volume yang besar. Efeknya perlahan, ambil saja contoh ketika kamu mendengar lawan bicaramu berbicara, kamu hanya mendengar seakan akan dia hanya menggumam, maka itu bisa jadi efek awal rusaknya sistem pendengaranmu.

Ketika kamu ingin mendengarkan musik, ada baiknya kamu mengetahui seberapa besar volume headset yang kamu pakai. Karena suara ringan untuk orang dewasa adalah 25 sampai 40 dB, sedangkan untuk anak-anak 20 sampai 40 dB. Untuk batas maksimal bila mendengar musik adalah sekitar 90 dB. Lebih dari itu sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan musik, karena akan membuat telingamu seperti tersumbat sesuatu setelah melepas headsetmu.



3. Merusak sistem kerja otak

Merusak sistem kerja otak juga salah satu efek terparah dari terlalu sering mendengarkan musik dengan keras. Gelombang elektromagnetik dapat mengganggu sistem kerja otak kamu.

Ketika kamu mendengar musik dengan keras, maka tulang kecil yang bernama Ossicles pada bagian tengah telingamu akan bergetar secara tidak teratur. Bergetarnya Ossicles ini akan merembet menuju ke otak dengan melepas suatu zat kimia yang bisa masuk ke jaringan saraf otak.

Maka dari itu, jika kamu adalah pendengar musik sejati, ada baiknya jangan sampai mendengarkan musik terlalu keras dan berjangka waktu lama. Karena efek yang ditimbulkan sangat berbahaya seperti yang dijelaskan di atas.




via berbagai sumber
image by addiehf