tips tidur sehat

10 Tips Tidur Sehat


Tips - Kebiasaan tidur sehat dapat membawa perubahan besar pada kualitas hidup. Kebiasaan itu bisa juga disebut kesehatan tidur yang mengartikan bahwa sehat bisa didapat saat tidur. Tidur adalah cara yang tepat untuk mengistirahatkan badan. Maka dari itu dengan waktu dan cara yang benar sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas tidur agar menghasilkan tubuh yang sehat.

Masalah tidur bukan sekedar masalah sepele. Jika kamu menganggap kesulitan tidur karena pekerjaan yang selalu ada dipikiran, maka cobalah untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Nah, Berikut ini adalah tips mendapatkan tidur sehat agar lebih menunjang aktifitasmu



1. Atur jadwal tidur

tips tidur sehat
Atur jadwal tidur, image via http://www.healthcareatoz.com/

Atur pukul berapa seharusnya kamu tidur, dan atur pukul berapa seharusnya kamu bangun. Lakukan dengan rutin, maka tubuhmu akan secara otomatis mengikuti jadwal yang kamu buat. Dengan begitu ketika waktu tidurmu tiba, kamu tidak perlu bersusah-payah menutup mata dengan berbagai alat atau meminum obat tidur agar dapat tidur lebih cepat. Jadwal tidur tubuhmu akan mengatur secara alami saat waktu tidur dan waktu bangun telah tiba.



2. Buat suasana tidur senyaman mungkin

tips tidur sehat
Buat suasana tidur senyaman mungkin, image via http://bestadjustablemattress.com/

Buatlah tempat tidurmu menjadi tempat paling nyaman dari segala tempat yang kamu temui seharian. Atur tempat tidurmu sehingga saat melihatnya kamu seakan-akanterbawa suasana untuk tidur. Atur dengan berbagai cara agar kamu merasa benar-benar nyaman saat merebahkan tubuh diatas kasur. Akan lebih baik jika lampu kamarmu dimatikan agar suasana lebih tenang dan nyaman. Jika kamu takut gelap, tak perlu mematikan semua lampu kamar. Sisakan satu lampu dengan daya kecil agar efek redup dapat membawamu menuju tidur yang nyenyak.


Baca juga 13 Tips Tidur Dengan Cepat

3. Hindari tidur siang

tips tidur sehat
Hindari tidur siang, image via http://my.telegraph.co.uk/

Khusus bagi kamu yang memiliki masalah dengan tidur malam, baiknya kamu tidak tidur pada siang hari. Jika telah terbiasa dengan tidur siang, mulai kurangilah waktu tidur siangmu secara perlahan. Gunakan waktu tidur malam seutuhnya, karena ketika sudah menjalani tidur siang, kamu tidak akan merasa mengantuk ketika jadwal tidur malam tiba.



4. Olahraga ringan setiap hari

tips tidur sehat
Olahraga ringan setiap hari, image via http://images.fineartamerica.com/

Aktifitas berat dipagi atau siang dapat memicu kualitas tidur yang lebih baik. Tapi jika kamu tidak memiliki aktifitas berat, maka lakukan saja olahraga ringan minimal setengah jam sebelum tidur agar tubuh merasa nyaman saat berbaring diatas tempat tidur.



5. Evaluasi kamar tidur

tips tidur sehat
Evaluasi kamar tidur, image via http://www.minimalisti.com/

Merancang kamar tidur yang nyaman untuk kebutuhan tidur sehat sangatlah penting. Tidur lebih cepat didapat jika kamarmu bersuhu lebih dingin. Suhu dingin akan menstimulasi kelopak mata untuk sering melakukan gerakan menutup. Hal itu juga mengindikasikan bahwa mata akan lebih cepat kering ketika suhu sekitar lebih dingin. Hampir sama saat kita akan tidur, mata yang lebih cepat kering akan memudahkan kamu untuk menutup mata dan terlelap tidur.

Selain atur suhu kamar, hilangkan segala sesuatu yang mengganggu saat menjelang tidur. Semisal memakai penutup telinga untuk mencegah suara bising, mematikan lampu, menggunakan selimut, merapikan kamar atau saat kamu memiliki teman tidur sampaikan padanya bahwa kamu ingin tidur lebih baik hari ini. Mereka akan mulai mengerti saat kamu mengatakannya.


Baca juga 3 Penyebab Rasa Mengantuk Yang Berlebih

6. Tidur pada kasur dan bantal yang bersih + nyaman

tips tidur sehat
Kasur dan bantal yang bersih, image via http://ghk.h-cdn.co/

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor utama tidur nyenyak adalah keadaan kasur dan bantal. Kamu tidak akan merasa nyaman saat tidur jika kasur dan bantalmu tidak pernah dicuci selama satu bulan atau bahkan lebih. Keadaan yang lebih buruk lagi adalah kesehatanmu yang juga terancam. Maka dari itu kondisikan kasur dan bantal bersih dan nyaman. Atur semua peralatan tidur agar dapat mendukung kualitas tidur yang sehat.



7. Gunakan teknik Circadian Rhythm

tips tidur sehat
Gunakan teknik Circadian Rhythm, image via https://fuzzyscience.wikispaces.com

Circadian Rhythm adalah teknik tidur berkualitas dengan memanfaatkan cahaya matahari saat pagi hari dan menghindari cahaya lampu yang berlebihan saat malam hari. Kamu perlu mendapat sinar matahari yang cukup ketika pagi hari dan menghindari segala macam cahaya lampu berlebihan pada aktifitas malam agar mendapat kualitas tidur yang sehat.



8. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein, rokok atau makanan berat pada malam hari

tips tidur sehat
Makanan berat membuat tidurmu tidak nyaman, image https://www.stayathomemum.com.au

Minuman berkafein, rokok dan makanan berat membuat kesehatanmu lebih buruk bahkan saat kamu menjalani pola tidur sehat. Seakan tidak berguna jika kamu melakukan pola tidur sehat tetapi kamu masih menumpuk berbagai masalah kesehatan. Makanan pedas juga membuatmu mengalami gangguan pencernaan sehingga tidur sehat lebih sulit didapat. Atur pola makan di malam hari dua atau tiga jam sebelum tidur. Jika kamu masih lapar, cukup makan makanan ringan rendah kalori minimal 45 menit sebelum tidur.


Baca juga 7 Tips Bangun Pagi Tanpa Alarm

9. Lakukan aktifitas yang menenangkan

tips tidur sehat
Lakukan aktifitas ringan sebelum tidur, image via http://cdn2.amerikanki.com/

Tubuh butuh menyesuaikan diri dengan pola tidur sehat, sehingga kamu perlu membiasakan melakukan sesuatu yang ringan sebelum tidur. Membaca buku adalah salah satu cara paling efektif mendapatkan tidur sehat. Hindari segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat elektronik atau gadget sebelum tidur. Semua perangkat itu hanya memicu aktifitas yang lebih pada otak sehingga kamu merasa kesulitan mendapatkan tidur yang sehat.



10. Jika tetap tidak bisa tidur, pergi keluar kamar

tips tidur sehat
Tidur di sofa bisa jadi solusi, image via http://www.wired.com/

Lebih baik berjalan keluar kamar dan melakukan sesuatu yang membuatmu mengantuk daripada menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur. Bisa jadi kamu sudah bosan dengan suasana kamarmu sehingga lebih nyaman tidur di sofa besar atau menggelar kasur di ruang keluarga. Cara itu tak menjadi masalah asalkan kamu mendapat kualitas tidur yang sehat.



Nah, itulah tips tidur sehat yang bisa kamu jadikan referensi agar tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Karena salah satu kualitas hidup juga ditentukan oleh kualitas tidur, maka lakukan mulai hari ini dan jadikan tidurmu tidur yang sehat.





image by naturalon