USB Device Not Recognized

Tips Mengatasi USB Tidak Terdeteksi (USB Device Not Recognized) Bag. 2


TIPS - Jika cara sebelumnya belum mampu membuat USB-mu terdeteksi. Kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan tips selanjutnya. Mengatasi USB yang tidak terdeteksi bukan masalah sepele bukan juga masalah yang berat, maka kamu dapat mengatasinya sendiri tanpa perlu menelepon seseorang untuk memperbaikinya. Beberapa tips perlu kamu ketahui agar dapat mengatasi USB yang tidak terdeteksi.

Karena setiap perangkat memiliki pemecahan masalah tersendiri dalam menangani pesan error. Kamu tak perlu bingung jika tips sebelumnya belum membuatmu puas dengan kinerja USB-mu. Karena berikut ini ada tips lain yang dapat kamu terapkan untuk mendeteksi USB-mu.



1. Gunakan layanan USB Troubleshooter


Bila operating system yang kamu gunakan Windows Vista ataupun Windows 7, kamu cukup beruntung. Karena Microsoft telah menyiapkan tools khusus untuk mengatasi masalah USB tidak terdeteksi. Kamu bisa mendownload Windows USB Troubleshooter melalui website resmi Microsoft.

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/


2. Update generic USB Hub secara manual


Jika dalam device manager masih terdapat peringatan Unknown Device. Cobalah untuk mengintall secara manual driver USB-nya. Caranya adalah dengan membuka jendela Device Manager, kemudian klik dua kali Universal Serial Bus Controllers.



Kamu akan menemukan sub menu bernama Generic USB Hub yang biasa berada pada urutan terakhir. Beberapa computer memiliki menu tersebut lebih dari satu, jadi yang perlu kamu update manual adalah yang pertama dulu. Klik kanan kemudian pilih Update Driver Software.

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/

Dialog pop up akan muncul, pilih Browse my computer for driver software.

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/


Kemudian klik Let me pick from a list of device drivers on my computer pada bagian bawah.

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/


Dari daftar yang tersedia, klik Generic USB Hub, walaupun pada umumnya tidak ada daftar lain selain Generic USB Hub. Setelah itu klik next dan tunggu proses menginstall. Tutup jika menginstall telah selesai.

Tunggu hingga device manager akan melakukan refresh secara otomatis.  Jika dalam komputermu tidak melakukan refresh otomatis maka tutuplah jendela device manager, kemudian buka kembali. Jika masih terdapat peringatan USB tidak terdeteksi, lakukan cara yang sama pada sub menu Generic USB Hub lainnya.



3. Uninstall perangkat yang tersembunyi


Pada pengaturan default, device manager tidak akan menujukan semua sistem yang telah diinstal. Umumnya hanya menunjukan perangkat yang sedang terhubung sekarang. Jika kamu pernah menginstall driver printer, maka driver tersebut masih terinstall pada device manager walau tidak pernah kamu gunakan.

Perangkat yang tidak tampil tersebut bisa menyebabkan konflik antara driver USB lama dengan driver USB yang telah diinstall. Maka dari itu akan lebih bijak jika kamu meng-uninstall beberapa driver yang tidak kamu butuhkan lagi. Kamu bisa menampilkan beberapa perangkat tersembunyi yang berada pada device manager dengan cara membuka jendela Windows Run (ketik ikon windows, tahan kemudian tekan tombol R) kemudian ketik "cmd" untuk membuka jendela command prompt.

Ketik "set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1", tekan enter

Setelah itu ketik "set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1", tekan enter

Ketik kembali "start devmgmnt.msc"

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/

Jendela device manager akan muncul. Pada menu View, klik kemudian pilih Show hidden devices.

USB Device Not Recognized
http://www.online-tech-tips.com/


Beberapa driver tersembunyi yang terinstall akan muncul. Lakukan uninstall pada setiap driver yang tidak kamu butuhkan. Jika pada nama salah satu driver terdapat peringatan dengan ikon tanda seru, maka uninstall terlebih dulu driver tersebut. Karena bisa saja driver lama tersebut bisa mengganggu proses installasi driver baru.



Itulah tips yang bisa membuat perangkat USB-mu terdeteksi kembali. Lakukan semua dengan teliti dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang semakin parah. Bila perangkat USB-mu masih rewel, maka solusi terakhir adalah dengan memperbaikinya pada dealer perangkat resmi.





source by online tech tips
image by softpedia