berkenalan

4 Tips Ini Bikin Kamu Berpikir Dua Kali Untuk Berkenalan


TIPS - Untuk memulai komunikasi, kamu akan mengawalinya dengan berkenalan. Saling menjabat tangan dan bertanya nama, berasal dari daerah mana, pekerjaan apa, dan sebagainya. Saat berkenalan, muncul prasangka kepada lawan kenalanmu. Prasangka itu membuatmu berpikir dua kali untuk tetap menjalin hubungan dekat dengan dia atau sekedar tahu tentang dia.

Penjelasan diatas bisa terjadi pada siapa saja. Saat kamu memulai perkenalan, kamu akan bertanya siapa namanya, darimana asalnya, pekerjaannya apa. Itu adalah pertanyaan yang umum. Bisa jadi kamu sedang berkenalan dengan calon pegawai baru, teman baru, saudara yang lama tak bertemu atau dengan pujaan hatimu. Diawal perkenalan, perasaanmu akan dibumbui dengan prasangka yang bergejolak. Kamu mulai menerka-nerka bagaimana sifat kenalan barumu. Hal itu wajar, dan kali ini Tips bermanfaat akan membahas mengenai tips yang membuat kamu berpikir dua kali untuk .


Baca juga : Zona Nyaman Membuat Rutinitasmu Membosankan. Keluarlah Dan Rasakan Nikmatnya Tantangan !

1. Lihat dari penampilan

berkenalan
Lihat penampilannya, image via http://www.media-relations.com/

Banyak orang bilang jangan lihat buku dari sampulnya, artinya jangan lihat seseorang dari luarnya saja. Itu benar, kamu perlu mempertimbangkan bagaimana kenalan barumu memberi respon kepadamu. Jika penampilan kenalanmu cukup rapi, bisa jadi rencana dalam hidupnya juga tertata dengan rapi. Jika penampilannya tidak cukup baik, bisa juga diartikan dia kurang merawat diri, atau dia adalah orang yang acuh atau tidak begitu peduli dengan lingkungan sekitarnya.
Penilaian itu sah-sah saja, asalkan jangan sampai berlebihan dengan langsung menghakimi seseorang bersifat tertentu hanya dilihat dari penampilan saja. Baca tips selanjutnya agar kamu benar-benar bisa mengerti bagaimana kepribadian kenalanmu.


2. Perhatikan caranya bertingkah laku

berkenalan
Perhatikan tingkah lakunya, image via http://www.wikihow.com/

Tips kedua, kamu bisa memperhatikan sikapnya ketika memberikan respon kepadamu. Ambil contoh ketika di dunia kerja seorang pelamar kerja menunjukan tingkah laku yang tidak bisa tenang ketika diwawancarai, maka bisa diartikan dia adalah orang yang mudah gugup dan kurang tenang dalam menghadapi masalah.

Contoh lain adalah ketika kamu berkenalan dengan teman baru, ketika kamu melontarkan sebuah argumen tentang sesuatu, lihat dan perhatikan responnya. Jika dia merespon dengan baik, maka dia merasa nyaman denganmu. Bisa jadi dia adalah tipikal orang yang mudah bergaul dengan orang baru.

Baca juga : Kamu Sulit Konsentrasi ? Cobain 6 Tips Ini

3. Dengarkan dengan baik ucapannya

berkenalan
Dengarkan dengan baik ucapannya, image via http://www.opinologos.com/

Mulutmu adalah harimaumu dan sekalipun lidah tak bertulang terkadang bisa menyayat hati. Dua kalimat itu adalah perumpamaan yang bisa kita jadikan referensi ketika memulai percakapan dengan orang baru. Coba dengarkan kata-kata yang dia ucapkan. Bisa jadi setiap kata yang dia ucapankan punya arti yang ambigu. Maksud ambigu adalah dia tidak bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan sehingga dia berusaha menutup-nutupi perasaannya dengan menggunakan ungkapan yang bertele-tele.

Bisa jadi ketika beberapa kali bertemu, ternyata dia menunjukan sifatnya dari cara bicara yang suka menilai orang sepihak, atau sering merendahkan orang lain. Yang perlu kamu lakukan adalah ikuti saja apa yang dia katakan dan tebak apa yang dia maksud. Jangan terburu-buru menghujatnya.


4. Perhatikan bahasa tubuhnya

berkenalan
Perhatikan bahasa tubuhnya, image via http://www.meirc.com/

Dari ketiga tips diatas, tips keempat ini adalah yang paling ampuh. Bagaimana kamu akan menilai seseorang dari awal perkenalan hingga kamu benar-benar mengetahui sifat kenalanmu seperti apa. Perhatikan arah muka atau tubuhnya saat berbicara denganmu. Ketika berbicara denganmu apakah dia hanya melirikmu, melihatmu dengan menoleh, atau menggerakan tubuhnya untuk melihatmu. Bahasa tubuh biasanya sulit untuk dibohongi, ketika dia menunjukan suatu tindakan, bisa jadi dia mengisyaratkan suatu tanda tentang kepribadiannya.



Nah itulah tips yang membuat kamu berpikir dua kali untuk berkenalan. Tips-tips diatas memang lebih sering digunakan di dalam dunia kerja. Tapi tak masalah jika tips diatas kamu terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari. Apalagi ketika kamu ingin berkenalan dengan pujaan hati.