Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Musim Hujan - Pancaroba masih sedang berlangsung. Banyak juga dari kita atau teman-teman kita yang terserang penyakit akibat pergantian musim ini.

Bulan November adalah bulan dimana musim hujan telah tiba. Saat dimana jalan-jalan basah dan tumbuhan dapat terlihat lebih segar karena terkena air. Tetapi ada yang perlu kita perhatikan ketika musim hujan, yaitu kesehatan.

Berbicara mengenai kesehatan, hal ini menjadi sangat penting bagi setiap manusia. Semua orang pasti berpendapat mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu di bawah ini ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.


1. Persiapkan payung, jas hujan dan kantong plastik

Periksa dahulu barang apa saja yang kamu bawa sebelum pergi. Ketika musim hujan jangan sampai lupa untuk selalu membawa payung untuk pejalan kaki, atau jas hujan untuk yang mengendarai sepeda motor. Kantong plastik juga harus tersedia agar menjaga sepatu atau sandal kamu tidak cepat rusak karena sering terkena air hujan.

Pengalaman saya karena sandal terlalu sering terkena air hujan, tak sampai satu tahun sudah rusak. Padahal sandal itu terbuat dari kulit sintetis. Ini membuat saya berpikir kantong plastik memang sangat berguna ketika musim hujan tiba.


2. Persiapkan sandal karet (sandal jepit)

Ketika pulang kerja tanpa disadari hujan deras melanda tempat kerjamu. Sandal karet (sandal jepit) adalah alas kaki yang paling tepat untuk kamu gunakan pada waktu hujan. Selain itu, sandal karet juga awet dipakai dalam jangka waktu panjang. Tak perlu malu menggunakan sandal ini, karena kini telah banyak sandal dengan model dan warna yang up to date.

Maka dari itu selalu sediakan sandal ini sebagai pengganti alas kaki yang tidak tahan terhadap air hujan.


3. Bersihkan Kaki

Pada waktu kaki masih basah terkena air hujan, bila ada kesempatan untuk mencuci kaki jangan sampai di tunda. Karena bila kamu menunda mencuci kakimu, zat asam yang terbawa oleh air hujan juga bisa membuat sela-sela jari kakimu terluka. Biasanya ini sering terjadi ketika sepatu yang sedang kamu pakai basah kuyup dan kamu tidak ada kesempatan untuk melepasnya.

Sesampainya di rumah, kaki yang basah terkena air hujan sebaiknya kamu cuci terlebih dahulu. Hal ini mencegah kotoran yang menempel pada kaki yang basah tidak ikut masuk ke seluruh area rumah. Bersihkan kaki hingga kesela-sela dan bila perlu gunakanlah sabun untuk membantu membersihkannya.


4. Sedia jaket

Bila hujan tiba suhu menjadi lebih dingin. Peran jaket pun dibutuhkan. Jaket dapat menjaga tubuhmu tetap hangat. Tak perlu tebal-tebal yang penting dapat membuat kamu nyaman untuk bergerak.

Bila ada jaket berbahan parasit atau yang tahan terhadap air, prioritaskan itu terlebih dahulu, agar air hujan tidak meresap ke jaket ketika kamu pakai.


5. Perbanyak mengkonsumsi vitamin C

Bila kamu suka makan buah, lanjutkan kebiasaanmu itu ketika musim hujan. Setiap buah mengandung vitamin C. Terlebih buah jeruk dan buah apel.

Menurut The World’s Healthiest Foods, jeruk memiliki kandungan vitamin C lebih dari 90%. Hal ini menunjukan betapa besarnya manfaat buah yang bisa kita temukan setiap hari ini. Tanpa perlu membeli obat penambah vitamin C, memakan satu buah jeruk pun sudah memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Sedangkan untuk buah apel, dapat memenuhi 10% kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Hal tersebut di kutip dalam situs livestrong.com


Itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan. Jaga tubuh kamu tetap sehat, agar dapat beraktifitas dengan lancar.

Bila kamu memiliki tips yang lain, silahkan berkomentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat...