5 Makanan yang Membuat Kulit Tubuhmu Terlihat Lebih tua

Makanan - Bila kamu tidak dapat memperkirakan makanan apa yang kamu konsumsi, bisa jadi tubuh akan mudah terserang penyakit. Penyakit itu bisa nampak dari kulitmu. Kulit bisa terlihat lebih kusam bahkan sampai pada penuaan dini dan keriput.

Maka dari itu berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan kulitmu tampak lebih tua.



Makanan Manis

makanan manis dapat menyebabkan glikasi, image via http://www.eatfeeldo.com/
Gula yang berlebihan dapat menciptakan proses yang disebut dengan glikasi. Ada teori yang menyebutkan bahwa ketika kita makan makanan yang memiliki kadar gula berlebih, maka kelebihan kadar gula dalam tubuh kita akan menggabung dengan protein yang menciptakan apa yang disebut dengan glikasi. Glikasi ini dapat merusak kolagen dalam kulit sehingga menyebabkan kulit tampak lebih tua.

Tidak mengherankan bila kamu memakan makanan yang manis secara berlebihan akan membuat senyummu tak enak dipandang. Gula yang dapat menempael pada gigi mendorong bakteri untuk berkembang, membusuk dan pada akhirnya dapat merubah warna gigi bahkan membuat rusak gigi. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Brian Kantor, seorag ahli di bidang kesehatan gigi yang membuka prakteknya di New York, Amerika Serikat.

Bila kamu terlanjur mengkonsumsi gula berlebih, ada baiknya segera kamu berkumur agar bakteri tidak segera berkembang biak dalam gigimu.



Minuman Beralkohol

minuman beralkohol merusak organ manusia, image via http://www.tipsfordieting.com/

Minuman beralkohol memang dapat merusak seluruh organ tubuh, tetapi dalam hal ini kita akan membahas mengenai efek alkohol pada kulit.

Bila organ hatimu sehat, hal itu akan nampak juga pada sehatnya kulitmu. Dan jika organ hatimu sedang dalam masalah, maka indikasi itu juga bisa dilihat melalui kulitmu. Menurut dr. Ostad, “Ketika hati berfungsi dengan baik, maka racun yang akan menyerang kulitmu juga akan dikeluarkan dengan baik. Tetapi jika racun dalam tubuhmu menumpuk dalam hati dan tidak bisa dikeluarkan dengan baik, maka bagian tubuh yang terdampak adalah kulit. Kulitmu bisa saja mengindikasikan hati yang tidak sehat dengan cara munculnya jerawat, warna kulit mengusam dan keriput”. Dan minuman beralkohol sangat memicu kerusakan organ hatimu.

Minuman beralkohol dapat memicu tubuh untuk dehidrasi sehingga membuat tidurmu tidak nyenyak. Hal tersebut juga dikaitkan dengan penuaan dini pada kulit sesuai studi yang di lakukan Case Western Reserve University. “Tidur yang tidak nyenyak dapat membuat penuaan dini, pigmentasi kulit tidak merata dan dapat mengurangi keelastisitasan kulit” kata dr. Ostad



Daging Bakar

arang yang menempel pada daging menyebabkan peradangan, image via http://carbsmart.com/
Ketika kamu membakar daging, yang terjadi adalah arang yang kamu gunakan untuk membakar ikut menempel pada daging. Arang yang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi dapat menyebabkan peradangan yang berdampak pada rusaknya kolagen pada kulit kamu. Kamu tidak perlu ragu untuk membuang beberapa bagian yang gosong yang terkena arang secara langsung.

Dan yang perlu diingat, bersihkan dengan alat pemanggan sebelum kamu gunakan untuk memanggang makanan lainnya.



Daging Olahan

daging olahan cenderung memiliki banya bahan pengawet, image via http://kcmagencies.gr/
Daging olahan ini seperti sosis atau daging humburger.  Banyak daging olahan yang memiliki sulfit serta pengawet lainnya, dan hal tersebut dapat mempercepat penuaan pada kulit. Daging olahan itu juga cenderung memiliki kandungan garam lumayan tinggi. Garam berlebih jelas sangat tidak baik untuk tubuh apalagi garam yang memiliki kandungan vetsin yang belum tertakar dengan baik.

Kamu bisa mengurangi memakan daging olahan serta menggantinya dengan sayur-sayuran. Sayuran juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang berguna untuk memperlancar pencernaan makanan dalam usus.



Minuman Berkafein

kafein dapat mengurangi kelembaban kulit, image via https://www.bigelowtea.com
Bila dikonsumsi secara berlebih, minuman berkafein inin juga dapat membuat kulitmu tampak lebih tua dan kusam. “Kafein seperti zat diuretik lainnya. Mereka dapat mengurangi kelembaban dalam kulitmu” kata dr. Hirsch.

Tetapi ada juga kabar baik untuk kamu yang suka mengkonsumsi kafein. Imbangi meminum minuman berkafein dengan menggunakan pelambab kulit. Pilihlah pelembab kulit yang memiliki kandungan Hyaluronic Acid, karena kandungan tersebut memiliki kelembaban 1000 lebih baik dari air.