Setiap Makhluk Hidup Membutuhkan Udara, Tapi Tahukah Kamu Apakah Udara itu?

Udara - Ketika kita bernafas, kita membutuhkan oksigen. Sedangkan oksigen sendiri adalah salahsatu gas pembentuk udara di bumi.

Tapi tahukah kamu apakah pengertian dari udara itu?

Semua orang pasti menghirup dan merasakan udara. Sedangkan udara sendiri tidak memiliki arti dan makna yang spesifik, sehingga bila kita mendengar kata udara maka pengertiannya adalah campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi.

Campuran udara itu terdiri dari Nitrogen, Oksigen, Karbondioksida, serta gas-gas lain. Kandungan terbesar udara dalam bumi adalah Nitrogen, yaitu sebesar 79%. Disusul oleh Oksigen dengan presentase 20%. Sedangkan gas-gas lain memiliki presentase 1%.



Udara yang kita hirup dan kita keluarkan setiap saat adalah gas, yaitu Oksigen. Sedangkan yang kita keluarkan adalah Karbondioksida.

Tapi pernahkah dalam benakmu muncul pertanyaan "Kalau oksigen dihirup terus, apa gak habis?" Jawabannya tentu "Tidak!!!". Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan Oksigen dapat diperbarui oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.

Proses fotosintesis oleh tumbuhan akan menghirup Karbondioksida dan menghasilkan Oksigen. Maka dapat dipastikan ketika hutan masih lebat serta taman masih asri, maka oksigen tidak akan habis di permukaan bumi.


sumber