Tips Berbelanja Hemat Saat Liburan

Tips Berbelanja Hemat Saat Liburan


Berbelanja hemat - Liburan telah tiba, bertepatan dengan akhir tahun, pasti banyak barang yang kamu suka kamu tunggu untuk keluar dengan harga diskon. Uangpun disiapkan demi menyalurkan ambisi mendapat barang kualitas super dengan harga miring.

Biasanya yang melakukan hal tersebut adalah para wanita walau tak menutup kemungkinan beberapa pria juga menyukai shoping. Bila tidak dikendalikan, maka kebiasaan ini akan memperburuk keuanganmu. Yang tadinya mau menabung dan berhemat, malah semua uang terkuras habis.

Tak perlu khawatir, kini Info Tips Bermanfaat punya tips buat kamu yang yang suka shoping agar tidak membelanjakan uangmu dengan boros.



1. Hitung uangmu

Sebelum berangkat, hitunglah uangmu dahulu. Buatlah perkiraan apa saja yang ingin kamu beli. Tak masalah jika apa yang ingin kamu beli memang banyak. Dan juga tak perlu khawatir jika kamu memang menunggu moment-moment tertentu untuk membelanjakan uangmu secara besar-besaran. Yang terpenting adalah jika kamu ingin membeli barang dengan harga 1 juta, setidaknya kamu harus memiliki uang lebih dari 1 juta. Terlihat wajar memang, tapi saat kamu ingin belanja dengan uang pas, coba berfikir mau makan apa kamu besok, mau beli pulsa pakai apa besok atau jika kamu mengontrak mau bayar sewa kontrak pakai apa kalau uangmu habis.



2. Buat daftar

Setelah menghitung uang yang kamu punya, buatlah daftar barang-barang yang ingin kamu beli. Hal ini berguna untuk mengontrol keinginanmu bila di mall terdapat barang yang menurutmu bagus tapi bukan termasuk dalam barang yang ingin kamu beli. Buat daftar mulai dari barang kebutuhanmu sehari-hari sampai pada barang khusus yang ingin kamu beli.



3. Jangan bawa ATM

Bila kamu punya ATM dengan saldo yang masih banyak, baiknya kamu ambil uang tunaimu dari ATM dan mulai berbelanja dengan uang tunai. Kalau perlu tinggalkan ATM di rumah, ini untuk dapat menghambat keinginan belanjamu yang terkadang tak terkendali.



4. Periksa harga barang

Daftar telah kamu bawa, uang tunai juga telah tersiap, satu hal yang paling penting. Jika kamu telah di depan barang yang ingin kamu beli, satu hal yang tak lupa kamu lihat adalah harganya. Cek harga barang terlebih dahulu, untuk menghindari beberapa barang yang naik harga di masa liburan. Mungkin juga terdapat barang yang berdiskon lumayan besar, ambil kesempatan itu. Uang sisa dari perkiraan harga yang lebih murah tadi bisa kamu simpan untuk kebutuhan mendadakmu.



5. Utamakan barang yang terdapat di daftarmu

Setelah masuk mall, langsung saja masuk ke area dimana barang yang terdapat dalam daftar belanjaanmu berada. Setelah dapat, lihat daftar lagi dan langsung hampiri barang tersebut. Bila semua barang dalam daftar telah terbeli, barulah kamu boleh lihat barang-barang lain yang membuatmu tertarik untuk membelinya.

Satu hal yang perlu diingat adalah hitunglah kembali sisa uangmu, bila kamu masih memiliki sisa uang, silahkan belanjakan. Akan tetapi lebih bijak lagi, bila uang sisa tersebut kamu simpan untuk membelanjakan kebutuhan-kebutuhan mendadak yang lebih penting.



6. Tak perlu gengsi bila terdapat barang murah

Barang murah bisa saja telah mendapat diskon ataupun telah turun harga. Kamu tak perlu ragu untuk membeli barang tersebut. Tak perlu gengsi bila harganya turun, karena yang kamu inginkan adalah barangnya bukan uang yang kamu berikan pada penjualnya.

Cek barang tersebut, bila kualitasnya masih bagus, silahkan beli.



7. Tak perlu ke restoran yang mahal

Kesibukan berbelanja membuatmu lapar, itu wajar. Bila barang yang telah kamu dapat telah ada di tangan, perut biasanya meminta jatah. Karena telah berdiri di mall kamu biasanya lebih memilih untuk makan di restoran yang lebih dekat, yaitu restoran yang buka di dalam mall. Padahal restoran tersebut memiliki harga makanan yang cukup mahal. Bayangakan saja rasa tidak jauh beda dengan tempat di luar mall, tapi harga bisa sangat berbeda.

Sekali lagi tak perlu gengsi untuk makan di tempat yang biasa saja. Toh yang kita makan enaknya hanya saat kita kunyah kan, setelah itu kita telan. Jadi rasanya pasti akan sama seperti kita makan pada umumnya. Yang paling penting adalah makanan sehat kan kamu kenyang. :)

Itulah tips berbelanja hemat saat liburan. Jika kamu memiliki tips lain, silahkan berkomentar di bawah artikel ini ya...

Semoga bermanfaat ...